Meriahkan HUT RI Ke-79 Warga Kedawung Mojokerto Menggelar Karnaval

Admin JSN
19 Agustus 2024 | 10.18 WIB Last Updated 2024-08-19T03:18:07Z
Perayaan karnaval untuk memperingati HUT RI Ke-79 di Dusun Kedawung

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Warga memadati rumah Kepala Desa Bicak untuk mengikuti acara karnaval dalam rangka merayakan HUT RI- Ke79 yang diselenggarakan oleh seluruh perangkat desa, pada hari Minggu (18/08/2024). Acara karnaval ini berlokasi di Dusun Kedawung, Desa Bicak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama selanjutnya penyampaian sambutan dari pihak panitia yaitu Kepala Dusun Kedawung, Bapak Frans serta sambutan oleh Kepala Desa Bicak oleh Ibu Yunita Dwi Ratnasari, S.Ikom. Kegiatan ini juga dibantu sejumlah mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berasal dari UPN Veteran Jawa Timur, sebagai bentuk pengabdian masyarakat dengan bertugas menjadi panitia acara.

Sekitar pukul 8 pagi karnaval mulai berjalan, dengan menggunakan mobil bak terbuka yang telah dirangkai berbagai hiasan dan dekorasi unik serta diikuti sejumlah warga yang berjalan dibelakang dengan memakai kostum unik seperti kostum dari plastik, baju pahlawan, kebaya dan terdapat juga warga yang mengekspresikan diri dengan cara menggunakan kostum seperti hantu sehingga menjadi daya tarik utama. Acara karnaval ini diikuti oleh 18 RT di seluruh Dusun Kedawung.

Rangkaian kegiatan karnaval ini diakhiri setelah berkeliling di berbagai wilayah Dusun Kedawung dengan melakukan pengundian dari berbagai macam hadiah yang dinantikan warga, melalui kupon undian yang dibagikan panitia setelah pawai karnaval selesai dilanjutkan berkumpul di lapangan dan membagikan hadiah menarik seperti berbagai peralatan rumah tangga.

Melalui acara karnaval ini sebagai bentuk perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang diharapkan dapat meningkatkan semangat kebangsaan untuk memperkuat rasa cinta tanah air, lalu mempererat hubungan sosial antar masyarakat mrlalui ikut berpartisipasi secara aktif dan menampilkan benruk kreativitas dan budaya lokal agar tetap lestari.(*)

Oleh: Arfa Trissilla Syaputri

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meriahkan HUT RI Ke-79 Warga Kedawung Mojokerto Menggelar Karnaval

Trending Now