Kelompok 07 Gelombang 2 KKNT UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialisasi di SDN Jatipasar Bertema Dampak Membuang Sampah Sembarangan

Admin JSN
19 Agustus 2024 | 09.10 WIB Last Updated 2024-08-19T02:10:44Z

Dokumentasi Foto Bersama Siswa/i SDN Jatipasar Kelas 6

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM -  Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara kelompok 07 gelombang 2 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melakukan kegiatan sosialisasi tentang “Dampak Membuang Sampah Sembarangan” dilaksanakan di SDN Jatipasar, Trowulan, Mojokerto, pada Selasa (13/8/2024). Sosialisasi ini diikuti sebanyak 28 siswa kelas 6. 

Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang dampak negatif dari membuang sampah sembarangan terhadap lingkungan dan kesehatan. Selain itu, tujuan dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu membangun kebiasaan positif dalam mengurangi pencemaran lingkungan sekitar.

Dokumentasi kegiatan Sosialisasi “Dampak Membuang Sampah Sembarangan”

Kegiatan sosialisasi ini disambut antusias oleh jajaran guru serta para siswa siswi SDN Jatipasar. Ibu Yuliyanti Masruroh, S.Si.,M.Pd selaku kepala sekolah turut merasa senang dengan adanya kegiatan sosialisasi ini. 

Kepala Sekolah SDN Jatipasar Ibu Yuliyanti Masruroh, S.Si.,M.Pd menyampaikan kesan dan pesan terhadap mahasiswa KKNT Bela Negara, yaitu “Sangat berterima kasih atas kehadiran kakak-kakak KKN Tematik Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur karena dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut dapat menambah wawasan bagi anak, ketika ada orang baru yang mengajar pasti anak-anak juga ikut semangat dan antusias ketika belajar hal baru”. Selain itu, dapat dijadikan pembelajaran bagi anak-anak bahwa sekolah itu tidak hanya sampai SD saja ternyata ada jenjang yang lebih tinggi yaitu sampai Perguruan Tinggi” ujarnya.

Haykal selaku pemateri kegiatan sosialisasi yang merupakan mahasiswa KKN Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur berpendapat bahwa “Sosialisasi tadi bertemakan bagaimana menjaga kelestarian lingkungan karena menjaga kelestarian lingkungan harus ditanamkan sejak usia dini yaitu dari pendidikan dasar. Selain itu, jika melihat kondisi lingkungan di Indonesia terutama di lingkungan sekitar sudah dalam kondisi darurat karena hutan banyak yang rusak dan pembukaan lahan itu sudah merusak ekosistem di sekitarnya seperti satwa kehilangan habitatnya, kualitas air yang menurun hingga banyak terjadi bencana alam yang disebabkan akibat ulah manusia yang merusak lingkungan itu sendiri”. 

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan generasi muda agar lebih peduli terhadap lingkungan dan untuk para tenaga pendidik harus lebih menekankan pendidikan pada anak-anak sejak dini untuk dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan mengapresiasi untuk seluruh guru di Indonesia khususnya tingkat Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar karena dibutuhkan kesabaran dalam mendidik anak-anak usia dini”. 

#SOSIALISASI #KKNT #BELA #NEGARA #UPNVJT

Author :Nur Lathif Hidayatullah

Dokumentasi : Gabriel Hotasi Stieward




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok 07 Gelombang 2 KKNT UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialisasi di SDN Jatipasar Bertema Dampak Membuang Sampah Sembarangan

Trending Now