Sosialisasi Pengolahan Limbah Rumah Tangga Sebagai Bentuk Kepedulian Mahasiswa Terhadap Lingkungan Desa Beloh, Trowulan, Mojokerto

Admin JSN
23 Agustus 2024 | 08.24 WIB Last Updated 2024-08-23T01:24:16Z

Mahasiswa KKN mengadakan sosialisasi limbah rumah tangga dan pemanfaatan minya jelantah di Desa Beloh bersama ibu-ibu PKK

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Dalam rangka pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN-Tematik Bela Negara) Semester Genap 2024, mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berhasil menggelar kegiatan Sosialisasi Limbah Rumah Tangga dan Pemanfaatan Minyak Jelantah yang terletak di Desa Beloh, Kecamatan Trowulan, Kab. Mojokerto, pada Senin (12/8/2024) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Beloh, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK Desa Beloh serta perwakilan dua personil TNI AD dan dimulai pada pukul 07.10 WIB sampai 11.30 WIB.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ibu Hj. Marini selaku ketua dari ibu-ibu PKK Desa Beloh dan dilanjutkan oleh Nadhif Rizqi Athallah dari jurusan Ilmu Komunikasi selaku perwakilan Kelompok 03 KKN-T Bela Negara Gelombang 2 Mojokerto, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Pemaparan materi sosialisasi dibawakan oleh Stefanus Krisna Satrya dari prodi Teknik Lingkungan dan Raidza Azzahra Mufidah Jaya dari prodi Teknologi Pangan. Materi yang mengangkat judul “Pemanfaatan Minyak Jelantah untuk Lilin Aromatherapy” bertujuan untuk meningkatkan pemahan serta kreativitas ibu-ibu PKK dalam mengurangi penggunaan barang atau sampah yang dihasilkan sehari-hari, memanfaatkan kembali barang-barang bekas agar tidak menjadi sampah, dan mengolah kembali sampah menjadi barang baru yang berguna.

Kegiatan sosialisasi ini menayangkan materi tentang pengelolaan limbah rumah tangga, study case yang diambil dari jurnal penelitian, dan solusi dari study case yang dibawa. Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi, Kelompok 03 KKN-T Bela Negara mengajak ibu-ibu PKK untuk melaksanakan demonstrasi (praktik langsung) kegiatan pemanfaatan limbah minyak jelantah dengan membuat lilin aroma terapi. Demonstrasi ini dilakukan oleh mahasiswa Kelompok 03 KKN-T Bela Negara dengan menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan, tips pengerjaan, dan proses pembuatan lilin aroma terapi. 

Selama kegiatan berlangsung, ibu-ibu PKK memperlihatkan respon positif dengan memberi perhatian penuh kepada pemateri dan aktif dalam bertanya mengenai materi yang dibawa. 

Ketua ibu-ibu PKK Desa Beloh, memberikan tanggapan serta apresiasi atas inisiatif ini. “Sosialisasi ini sangat berguna bagi kami selaku ibu rumah tangga, yang juga menganggap bahwa pembuangan limbah sembarangan dapat mengakibatkan dampak buruk bagi desa ini. Dengan adanya ide dari mahasiswa(i) KKN, kedepannya kami bisa menerapkan ide pembuatan lilin aroma terapi ini dan pastinya dapat mengurangi pencemaran lingkungan,” ujar Ibu Hj Marini. 

Tentang Universitas

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berkomitmen untuk mendidik generasi masa depan dengan wawasan yang luas, termasuk kesadaran lingkungan. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu cara universitas ini untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Pengolahan Limbah Rumah Tangga Sebagai Bentuk Kepedulian Mahasiswa Terhadap Lingkungan Desa Beloh, Trowulan, Mojokerto

Trending Now