Pawai Budaya PHBN HUT RI Ke-79 Desa Tanggung: Wujud Kebersamaan dan Pelestarian Budaya Lokal

Admin JSN
24 Agustus 2024 | 22.26 WIB Last Updated 2024-08-24T15:26:42Z

 

Kepala Desa Tanggung, Suyahwan, bersama warga Desa Tanggung saat mengikuti Pawai Budaya PHBN HUT RI ke-79, menampilkan kekayaan budaya lokal dan kreativitas warga di Wana Wisata Gunung Budheg

TULUNGAGUNG | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, menggelar Pawai Budaya yang meriah. 

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 24 Agustus 2024, ini diikuti oleh empat dusun yang ada di Desa Tanggung, yaitu Dusun Jatibanggi, Glotan, Kendit, dan Tanggung Krajan.

Pawai Budaya ini menampilkan berbagai kekayaan adat dan tradisi Indonesia, serta kreativitas warga dan pemuda desa. Di antara penampilan yang memeriahkan acara tersebut adalah berbagai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, karakter budaya lokal Desa Tanggung, serta kesenian tradisional khas Tulungagung seperti Reog Kendang dan Jaranan Senterewe. 

Selain itu, pawai ini juga dimeriahkan dengan parade karnaval sound system serta penampilan siswa Sekolah Dasar yang mengusung tema perjuangan.

Karnaval PHBN HUT RI Ke-79 ini berakhir di Wana Wisata Gunung Budheg, sebuah destinasi wisata lokal yang diharapkan dapat semakin dikenal dan dimanfaatkan sebagai potensi lokal. 

Pemerintah Desa Tanggung berharap melalui acara ini, masyarakat dapat lebih sadar dan teredukasi tentang pentingnya melestarikan budaya serta memberdayakan potensi lokal sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Dalam wawancaranya dengan JatimSatuNews, Kepala Desa Tanggung, Suyahwan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh warga masyarakat, panitia, serta pihak keamanan dari Desa Tanggung dan Polsek Kecamatan Campurdarat atas kerjasamanya sehingga acara berjalan aman, tertib, dan lancar.

Suyahwan, yang juga merupakan mantan anggota kepolisian, menambahkan harapannya agar di masa mendatang, setiap kegiatan PHBN HUT Kemerdekaan RI di Desa Tanggung dapat semakin maju dan meriah. 

“Semoga ke depan, dalam setiap kegiatan PHBN HUT Kemerdekaan RI, Desa Tanggung bisa lebih maju dan meriah dalam menggelar acara kegiatan HUT Kemerdekaan RI,” tambahnya.

Pewarta: Nanang Kuncahyo

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pawai Budaya PHBN HUT RI Ke-79 Desa Tanggung: Wujud Kebersamaan dan Pelestarian Budaya Lokal

Trending Now