PDIP Umumkan Bakal Cakada Pilkada 2024, Baru 6 Daerah di Jatim yang Turun Rekomendasi

Admin JSN
01 Juni 2024 | 14.09 WIB Last Updated 2024-06-01T07:16:41Z


POLITIK | JATIMSATUNEWS.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah merilis nama-nama calon bupati (cabup) dan calon wali kota (cawali) untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dari total 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, hanya 6 daerah yang telah menerima rekomendasi dari partai berlambang banteng ini.

Daftar ini mencakup berbagai daerah strategis dan menunjukkan komitmen PDIP dalam memperkuat posisi politiknya di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk di wilayah Jawa Timur, berikut ini adalah nama-nama calon yang mendapat rekomendasi dari PDIP:

1. Sanusi - Kabupaten Malang
2. Achmad Fauzi - Kabupaten Sumenep
3. Sugiri Sancoko - Kabupaten Ponorogo
4. Moch. Nur Arifin/Syah Muhammad Natanegara - Kabupaten Trenggalek
5. Fandi Achmad Yani/Aminatun Habibah - Kabupaten Gresik
6. Marhaen Djumadi - Kabupaten Nganjuk

Dari 58 calon walikota/bupati yang mendapatkan rekomendasi PDIP, 6 di antaranya berasal dari wilayah Jawa Timur. Selain itu, dari 15 calon berpasangan yang telah direkomendasikan, 2 pasangan berasal dari Jawa Timur.



Berbeda dengan PKB yang hingga kini belum memberi rekomendasi untuk Calon Gubernur (Cagub), PDIP sudah mengeluarkan rekomendasi untuk 3 Cagub di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Papua Tengah. Namun, untuk wilayah Jawa Timur, PDIP belum memberikan rekomendasi untuk Cagub dan Cawagub.

Daftar nama-nama yang mendapatkan rekomendasi ini tercantum dalam surat bernomor 6165/IN/DPP/V/2024, mengenai instruksi dan undangan pemantapan batch-1 tim pemenangan daerah Pilkada serentak 2024. Surat tertanggal 30 Mei 2024 ini ditujukan kepada calon kepala daerah dan atau wakil kepala daerah serta ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Dalam surat tersebut, DPP PDIP juga meminta agar nama-nama yang terdaftar mengirimkan tim pemenangan yang terdiri dari 9 orang. Tim ini akan mendapatkan pelatihan khusus pada 5 sampai 7 Juni di Bogor.

Demikianlah nama-nama calon kepala daerah di Jawa Timur yang telah mendapatkan rekomendasi dari PDIP untuk Pilkada 2024. PDIP terus menunjukkan langkah strategisnya dalam menghadapi Pilkada serentak tahun ini, dengan harapan memperkuat posisinya di berbagai wilayah di Indonesia.

Pewarta: Fach
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PDIP Umumkan Bakal Cakada Pilkada 2024, Baru 6 Daerah di Jatim yang Turun Rekomendasi

Trending Now