Kolaborasi Pemuda Tani Kab. Malang Bersama UM Budidayakan Lerak, Ketua Kelompok Tani : Ini Program Nyata!

Eko Rudianto
04 Agustus 2023 | 11.26 WIB Last Updated 2024-03-01T03:33:46Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Sektor Pertanian belakangan ini menjadi isu yang hangat untuk diperbincangkan, menciptakan jaminan perekonomian yang jangka panjang untuk kemajuan bangsa dan negara. Tagline Hilirisasi milik Presiden Jokowi, Pemberdayaan Pemuda Tani oleh Prof. Muhaammad Yasin Limpo, M.Si Menteri Pertanian RI dan Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) oleh IFAD sebagai upaya nyata untuk konsen dalam hal pertanian.

Sudah saatnya pemuda berperan dalam dunia pertanian, perperan untuk kemajuan pertanian melalui mindseet wirausaha millenial dan teknologi pertanian, hal ini dijadikan prinsip dan aksi nyata oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang bekerjasama dengan Bidang Pendidikan dan Pelatihan Pemuda Tani Kabupaten Malang. 

Acara tersebut berupa budidaya Biji Lerak (Klerek) untuk dijadikan sebagai Shampo/ sabun yang ramah lingkungan dan ekonomis. Eko Rudianto Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPC Pemuda Tani Kabupaten Malang mengatakan ini merupakan langkah strategis untuk merealisasikan program petani muda millenial dan memiliki jiwa wirausaha, selain itu pemilihan tanaman olahan pertanian dan produk yang dibuat telah cocok dengan analisis usaha, mulai dari kompetitor yang jarang namun menjanjikan, memanfaatkan kembali hasil pertanian yang jarang dimanfaatkan serta dari segi produksi yang relatif singkat antara petani dan distributor.

"Menurut kami, ini adalah langkah awal sebagai upaya nyata untuk menciptakan petani milenial dan yang berjiwa wirausaha. Disamping itu, lerak/ klerek ini sudah mulai langka, padahal jika dibudidayakan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, apalagi langsung bisa mengolahnya, baik barang jadi maupun setengah jadi" ungkap Eko

Semua itu diawali dengan kooordinasi langsung dengan pelatihan pembuatan eco enzyme pada Kamis, 3 Agustus 2023 bersama Kelompok Tani desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Acara juga dilakukan dengan penyampaian materi dan praktik pembuatan eco enzyme oleh Tim UM yang terdiri dari Mahasiswa dan Dosen. 

Tidak hanya itu, DPC Pemuda Tani juga melakukan sosialisasi mengenai program dan pembentukan Pemuda Tani, dengar pendapat mengenai kebijakan administrasi subsidi pupuk dan LPG yang dirasa menyulitkan. 

Hudi, ketua kelompok Tani desa pait berharap program ini segera ada tindaklanjut untuk wirausaha utamanya dalam budiaya lerak

"Kami baru tahu lerak itu laku mahal, oleh karena itu kami segara ingin belajar budidaya, menjual dan mengolah secepatnya agar mengembangkan laju perekonomian masyarakat" ujar Hudi pada sela-sela diskusi bersama Pemuda Tani Kab. Malang

Disisi lain, Solikhin yang merupakan warga desa Pait juga mengatakan bahwa program seperti ini yang dibutuhkan oleh masyarakat karena berbasis lokal dan hasil yang jelas secara terukur

"Saya doakan bisa segera MoU dengan petani mas, inilah yang kami butuhkan, barangnya kami ada tinggal nanti kami mohon dibekali untuk menambah nilai jualnya, dalam mengolah klerek menjadi sabun ini" timbal Solikhin.

Sementara ini Dosen Pendamping Tim UM Meyga Evi Ferama Sari, S.Si., M.Si mengatakan banyak terimakasih serta ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Pait khususnya dan berharap bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami berterimakasih kepada bapak-ibu semua karena menyambut kami dengan baik, semoga sedikit ilmu dari kami bisa bermanfaat dan bisa diterapkan sehari-hari" ujar Meyga

Kedepannya Tim UM yang terdiri dari mahasiwa bersama Pemuda Tani akan MoU bersama petani terkait lerak dalam waktu dekat.


Tim di Lapangan :

1. Meyga Evi Ferama Sari, S.Si., M.Si.

2. Dika Putra Wijaya 210332626515

3. Sri Dinasyah Ratna Fuzani 210342606050

4. Rahmat Iqbal Nur Aziz 210342606035

5. Ainun Maghfiroh 210721611679

6. Latifa Al Muta Ali 210421622035

7. Eko Rudianto 

8. Nur Hamid Abdissalam 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kolaborasi Pemuda Tani Kab. Malang Bersama UM Budidayakan Lerak, Ketua Kelompok Tani : Ini Program Nyata!

Trending Now