Tradisi Encek Warga Desa Pamotan Dalam Menyambut 1 Suro

Eko Rudianto
20 Juli 2023 | 19.51 WIB Last Updated 2023-07-20T13:11:56Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Sebanyak kuranglebih 800 warga Dusun Bangsri Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan rutinan desa di Sumber Towo yang merupakan sumber mata air di Dusun Bangsri. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar bentuk tasyakuran atau sedekah bumi dan dalam rangka menyambut 1 suro dalam penanggalan jawa atau 1 muharram 1445 H dalam penanggalan islam. 

Acara yang dipelopori oleh Pengurus Karang Taruna desa dan sebagian pemuda ini, dilaksakan pada 20 Juli 2023 pukul 14.30 hingga 17.30 WIB. Warga membawa encek, yaitu sebuah wadah dari anyaman bambu dan batang gedebok (pohon pisang) yang dibentuk wadah untuk meletakkan makanan yang telah dibuat, makanan tersebut nantinya akan ditukarkan satu sama lain antar warga sebelum dibawa pulang. Selain itu, setiap RW membawa Tumpeng/ ingkung. Dirangkai dalam bentuk pembacaan ujub/ do'a jawa dan ada tarian remo acara ini berlangsung lancar. 

Sumber Towo sendiri adalah sebuah tempat sumber mata air di Dusun Bangsri Desa Pamotan, sebagian orang percaya banyak orang dari luar daerah mengambil air ini untuk kebutuhan berobat untuk menyembuhkan penyakit. 

Kepala Dusun Bangsri mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya atau 'uri-uri budaya', terlebih pria yang akrab disapa Andik tersebut berharap acara ini akan terus diselenggarakan dan akan mendatangkan tamu/ tokoh berpengaruh disekitar Malang. 

"Kami berharap acara ini akan terus diadakan, mengingat acara ini sangat baik untuk nguri-uri budaya jawa" tutur Andik Johan Kepala Dusun Bangsri desa Pamotan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tradisi Encek Warga Desa Pamotan Dalam Menyambut 1 Suro

Trending Now