Pasuruan CITY EXPO UMKM Bangkit Lebih Kuat 2023

23 Juni 2023 | 07.50 WIB Last Updated 2023-06-23T00:53:43Z

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:

Pembukaan Acara dihadiri Walikota Kota Pasuruan Saifullah Yusuf sapaan akrabnya Gus Ipul juga Dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinskop UM),yaitu Mokhamad Faqih dari Pasuruan kota.

Rapat Kerja Komisariat Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakerkomwil IV APEKSI) ke- 18 digelar. Kota Pasuruan menjadi tuan rumahnya. Acara pembukanya digelar Rabu malam (21/6/23).

Pembukaan Rakerkomwil IV APEKSI ini dimulai rangkaian penyambutan peserta diawali dengan Pembukaan Pasuruan City Expo yang digelar di Puat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Dengan tema “UMKM Bangkit Lebih Kuat”. Ribuan pengunjung sudah memadati Jalan Pahlawan sejak sore hari.

Puluhan stan di halaman di Gedung H P3GI memamerkan produk UMKM. Bukan hanya produk unggulan UMKM Kota Pasuruan yang dipamerkan. Produk unggulan dari masing-masing daerah juga dipamerkan.

Pasuruan City Expo langsung dibuka oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf yang didampingi juga oleh Peserta Apeksi dan juga Forkopimda Kota Pasuruan. Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf mengungkapkan, sangat berbangga dan menjadi kehormatan bagi Kota Pasuruan sebagai tuan rumah Rakerkomwil IV Apeksi.

Sebelum membuka rangkaian kegiatan malam ini, kita mulai di Gedung P3GI tempat Pasuruan City Expo. Peserta expo ini juga diikuti oleh sejumlah kota yang ikut serta dalam Rakerkomwil Apeksi dan juga UMKM Kota Pasuruan,” jelasnya.

Setelah dibuka, Gus Ipul mengajak seluruh wali kota peserta Apeksi untuk berkeliling melihat pameran expo. Termasuk menunjukkan hasil karya produk unggulan Kota Pasuruan.

Merta,Salah satu peserta UMKM Patas kota Perwakilan Kota Surabaya merasa gembira dengan adanya Expo di Gelaran APEKSI ini. “Kami dari UMKM sangat terbantu, harapan kami diperbanyak event-event seperti ini yang mendatangkan banyak pengunjung terutama dari luar daerah. Sehingga menggairahkan hasil produk-produk lokal,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinskop UM) Kota Pasuruan Mokhamad Faqih menyebutkan, dari binaan Dinkop UM ada 20 stan untuk 60 UMKM disiapkan untuk Pasuruan Expo City ini. “Berbagai produk unggulan dan khas Kota Pasuruan dipamerkan dan dijual. Seperti Jamu Kebonagung, Telang, berbagai kripik dan olahan mamin lainnya,” ujarnya.

"UMKM Patas kota Meliputi Kota Surabaya dengan Batik khas Semangginya, UMKM Mojokerto sepatu kulitnya,UMKM Madiun dengan makanan Bremnya, UMKM Probolinggo, UMKM Pasuruan, UMKM Kota Batu,UMKM Mataram, UMKM Denpasar,UMKM Malang,UMKM Blitar,UMKM Pasuruan kota Dengan ciri Khasnya Mebel Dan UMKM lainnya,"Pungkasnya.

Selain dari Dinkop UM, juga ada ratusan produk UMKM dari binaan Dekranasda dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan. Pameran City Expo sendiri dibuka mulai 07.00 sampai 22.00 selama Rakerkomwil IV Apeksi 21-23 Juni. Acara Jumat Malam terakhir cuma sampai pukul 19.00 WIB.(edr)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasuruan CITY EXPO UMKM Bangkit Lebih Kuat 2023

Trending Now