Pelatihan Kerajinan Tangan membuat gelang dari Manik – manik oleh kelompok 9 KKN-T D20 Unira bersama Ibu – ibu PKK di Desa Palaan

Eko Rudianto
13 Februari 2023 | 15.50 WIB Last Updated 2023-02-13T09:01:12Z

Penulis : Mahmudah Qolbiyatus Syifa


Pandemi yang sudah melanda Dunia selama 2 tahun termasuk Negara kita Indonesia, telah berhasil memporak-porandakan dalam berbagai hal sektor kehidupan Manusia, Dampak yang paling dirasakan indonesia yaitu dalam sektor Ekonomi dan Pendidikan. Pembatas sosial diberlakukan sehinga banyak karyawan kantoran yang harus di PHK besar – besaran sehingga sangat berpengaruh terhadap ekonomi rumah tangga masyarakat. Namun kini waktu bergeser, pandemi covid dicabut dari media – media, yang menandakan pandemi covid telah berakhir, rasa senang menghinggapi di dada masayarakat, namun ternyata masa peralihan juga merupakan sebuah tantangan, membangun kembali sektor sektor yang sempat lumpuh sebelumnya. Tiap lini lembaga masyarakat sedang berjuang masing- masing untuk menghidupkannya.

Di Desa Palaan juga termasuk Desa yang mengalami kelumpuhan UMKM selama Pandemi, banyak UMKM Individu yang tidak berjalan dikarekan pandemi tersebut, seperti produkolahan: keripik nanas, minuman Kunir Asem, Keripik Bayam, Sari Nanas, dan lain – lain. Setiap produk diatas punya permasalahan masing – masing, juga masih sangat sulit untuk bangkit sekarang ini. Dan kami kelompok 9 KKN-T D20 Unira Malang tahun 2023 berinisiatif untuk memberikan pelatihan kerajinan tangan membuat Gelang dari Manik – manik kepadaibu – ibu PKK DI Desa Palaan, yang kami harapkan dapat memberikan ide atau menstimulus ide ntuk berbisnis. Banyak kreasi kerajinan manik – manik yang juga memberikan nilai jual kepada konsumennya. Dan target penjualan konsumen yang luas, untuk kalangan anak muda, ibu – ibu, anak –anak danlainnya. Sehingga kami harapkan dapat mengembangkan UMKM di Desa Palaan tersebut. 

Pelatihan kerajinan tangan ini dilaksanakan di Balai Desa Palaan, pada hari Jum’at, 10 Februari 2023, diikuti oleh 20 0rang ibu – ibu PKK. Awal pelatihan ini di mulai dengan memberikan pengertian terkait kerajinan tangan tersebut lalusalah satu dari Tim KKN Kelompok 9 memberikan contoh membuat gelang tersebut sedari awal hingga akhir sembari ibu – ibu PKK mengikuti. Kerajinan tangan gelang ini membutuhkanbahan – bahan yang sederhana saja yaitu, manik – manik, rantai gelang, dan senar gelang. Ibu – ibu PKK sangat antusias dalam membuat gelang, banyak kejadian lucu terjadi ketika ibu – ibu agak kesulitan memasukkan senar dalam rantai, akibat mata jenuh beliau yang sudah tua, namun semua itu tak menyurutkan semangat  semangat beliau, sehingga satu persatu dari beliau dapat menyelesaikan gelang masing – masing.
Setelah selesai, gelang yang sudah dibuat ada yang langsung dipakai oleh beliau – beliau, Nampak semburat senyum merekah dari bibir beliau, sungguh hangat melihatnya. Sesi terakhir di tutup dengan foto bersama sambil menunjukkan hasil karya gelang tersebut. Dari pelatihan ini kami harapkan dapat memberikan ide - ide untuk berkreasi manik - manik yang dapat bernilai jual sehingga dapat mengembangkan UMKM di Desa Palaan.



 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatihan Kerajinan Tangan membuat gelang dari Manik – manik oleh kelompok 9 KKN-T D20 Unira bersama Ibu – ibu PKK di Desa Palaan

Trending Now