Semarakkan HUT RI ke-79, Mahasiswa KKN Kelompok 6 Gelombang 2 UPN Veteran Jawa Timur Mengikuti Upacara Bendera di Kecamatan Mojowarno dan Ikut Memeriahkan Karnaval Bersama Karang Taruna di Desa Latsari

Admin JSN
21 Agustus 2024 | 13.48 WIB Last Updated 2024-08-21T06:48:31Z
Perwakilan mahasiswa KKN mengikuti pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT RI Ke-79 di Lapangan Kecamatan Mojowarno

JOMBANG|JATIMSATUNEWS.COM - Bangsa Indonesia sedang memperingati Hari kemerdekaannya yang ke-79 pada tahun 2024. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan, salah satunya penyelenggaraan Upacara Bendera. Kegiatan Upacara Bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 mengambil tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Kecamatan Mojowarno turut mengambil bagian dalam memperingati Hari Kemerdekaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 17 Agustus 2024 bertempat di Lapangan Kecamatan Mojowarno. Upacara bendera dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat seperti tokoh masyarakat, jajaran pemerintah kecamatan, perwakilan pelajar di Kecamatan Mojowarno, pegawai rumah sakit kristen Mojowarno, unsur TNI-Polri, dan perwakilan mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur. 

Kegiatan upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB yang dipimpin oleh Bapak M. Ronny Afriandie selaku Plt Camat Mojowarno yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, beliau meneruskan pesan PJ Bupati Jombang, Bapak Teguh Narutomo untuk mendoakan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului, terus berusaha memberikan karya terbaik bagi bangsa untuk menuju Indonesia maju, serta merawat persatuan dan kesatuan di tengah ancaman disintegrasi. Pada upacara bendera tersebut juga terdapat persembahan 5 lagu wajib nasional dari tim paduan suara Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan penuh kebanggaan yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan serta rasa nasionalisme yang kuat dari para peserta upacara.

Setelah menyelesaikan Upacara Bendera di pagi hari, agenda selanjutnya dilaksanakan pada sore hingga malam hari yakni pawai desa Latsari yang melibatkan 8 Rukun Tetangga dari 3 Dusun yang terdapat di Desa Latsari Kecamatan Mojowarno sebagai peserta kegiatan. 

Acara pawai desa menjadi tempat bagi warga untuk menyalurkan kreatifitas dan ide yang dimiliki. Acara diselenggarakan sebagai wujud persatuan dalam keberagaman. Setiap peserta berlomba untuk memberikan penampilan unik dan terbaiknya untuk memeriahkan acara. Terdapat berbagai penampilan yang tersaji selama pawai. Ada yang memamerkan hasil bumi, mengenakan berbagai kostum yang unik, hingga menampilkan tarian dari berbagai daerah di Indonesia. 

Bapak Muslikan selaku Kepala Desa Latsari dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kerjasama penyelenggara acara serta antusiasme para peserta sehingga acara bisa berjalan dengan lancar dan meriah, mengingat desa Latsari sudah lama tidak menyelenggarakan pawai dengan jumlah massa yang cukup banyak. Masyarakat dan penonton juga terlihat antusias memadati rute yang dilalui selama kegiatan pawai desa. 




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarakkan HUT RI ke-79, Mahasiswa KKN Kelompok 6 Gelombang 2 UPN Veteran Jawa Timur Mengikuti Upacara Bendera di Kecamatan Mojowarno dan Ikut Memeriahkan Karnaval Bersama Karang Taruna di Desa Latsari

Trending Now