Peserta KKNT Bela Negara Kelompok 8 berpartisipasi dalam kegiatan POSGA (Posyandu Keluarga) pada RW 8 Kelurahan Dukuh Sutorejo

Admin JSN
18 Agustus 2024 | 22.36 WIB Last Updated 2024-08-18T15:36:01Z

 

Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 8 membantu pemeriksaan kesehatan dan memberikan edukasi kepada warga RW 8 Kelurahan Dukuh Sutorejo, Surabaya, dalam kegiatan Posyandu Keluarga pada 7 Agustus 2024

MULYOREJO | JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara Kelompok 8 menunjukkan kepedulian tinggi terhadap kesehatan masyarakat dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan Posyandu Keluarga yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Surabaya beserta ibu-ibu Kader Surabaya Hebat di RW 8, Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo (7/8/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di tingkat desa/kelurahan.

Selama kegiatan berlangsung, Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 8 berkolaborasi dengan petugas kesehatan dari Puskesmas dan juga Kader Surabaya Hebat dalam berbagai aktivitas, seperti melakukan pemeriksaan kesehatan dasar kepada balita, ibu hamil, dan lansia. 

Membantu dalam proses pendataan warga, pengukuran berat badan, tinggi badan, cek tensi, gula darah serta memberikan vitamin dan makanan tambahan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal bagi warga. 

Selain itu, Mahasiswa turut memberikan edukasi dengan berkonsultasi terhadap warga mengenai pentingnya menjaga pola makan sehat, peran ASI eksklusif, serta cara mencegah stunting.

Para Mahasiswa KKNT juga memanfaatkan momen ini untuk mengadakan sosialisasi terkait program pemerintah mengenai kesehatan keluarga, sekaligus mendengarkan aspirasi dan keluhan warga setempat terkait layanan kesehatan. 

Adanya program Posyandu Keluarga membuat warga merasa terbantu dengan adanya tambahan tenaga dan informasi yang diberikan. 

Partisipasi ini juga menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan serta memperkuat rasa empati dan tanggung jawab sosial terhadap Masyarakat.

Kegiatan Posyandu Keluarga ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin dan pencegahan dini terhadap berbagai penyakit. 

Melalui keterlibatan peserta KKNT Bela Negara, sinergi antara dunia pendidikan dan masyarakat semakin terjalin erat, yang pada akhirnya dapat membantu mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peserta KKNT Bela Negara Kelompok 8 berpartisipasi dalam kegiatan POSGA (Posyandu Keluarga) pada RW 8 Kelurahan Dukuh Sutorejo

Trending Now