Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jatim Sosialisasikan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco Enzym untuk Sabun Cuci Piring

Admin JSN
25 Agustus 2024 | 17.05 WIB Last Updated 2024-08-26T13:08:44Z

 

Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jatim mengajarkan warga Desa Sarirogo cara mengolah limbah rumah tangga menjadi eco enzyme untuk sabun cuci piring, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan mendukung konsumsi serta produksi berkelanjutan

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM Kamis (15/8/2024), Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 4 Gelombang 2 Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo, sukses menjalankan program kerja inovasi yang menarik antusiasme warga dalam sosialisasi dan pelatihan pembuatan sabun cuci piring “RESIK”. Acara ini dihadiri oleh masyarakat desa Sarirogo, dan mahasiswa KKN yang berpartisipasi aktif dalam program tersebut.

Program kerja ini mengusung nama “RESIK” karena bahan dasar yang digunakan pada Eco Enzym tersebut berasal dari bahan sisa limbah rumah tangga. 

Program kerja ini bertujuan memberikan edukasi mengenai pengelolaan limbah melalui pemanfaatan dan daur ulang limbah menjadi produk tepat guna yang bermanfaat. 

Merujuk pada laman Sistem Informasi Desa Kemendesa tepatnya pada indikator kategori 'Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan', terdapat kendala dalam pengelolaan dari limbah atau sampah.

Program kerja sosialisasi pembuatan sabun cair dari eco enzim adalah salah satu inisiatif yang bertujuan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) poin 12, yaitu Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi limbah rumah tangga namun mengolahnya menjadi produk yang lebih bernilai dan mempromosikan praktik-praktik ramah lingkungan di Desa Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo. 

Dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dapat meningkat, serta tercipta perubahan positif dalam perilaku pengelolaan limbah di Desa Sarirogo.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jatim Sosialisasikan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco Enzym untuk Sabun Cuci Piring

Trending Now