Penyuluhan dan Penanaman Biopori di RW 03 Desa Jati, Upaya Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur Cegah Banjir Berulang

Admin JSN
15 Agustus 2024 | 12.50 WIB Last Updated 2024-08-15T05:50:46Z
Kegiatan penanaman biopori di lingkungan RW 03 Desa Jati guna menanggulangi dan mencegah terjadinya banjir

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur, kelompok 1 gelombang 2, melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penanaman biopori di lingkungan RW 03, Desa Jati, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (13/8/2024) pukul 15.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat mengenai fungsi dan manfaat biopori untuk menanggulangi serta mencegah terjadinya banjir berulang yang kerap melanda lingkungan setempat saat musim penghujan.

Kegiatan ini juga selaras dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya pada poin ke-6 Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi serta poin ke-13 Desa Tanggap Perubahan Iklim. Kedua poin ini menjadi perhatian utama, mengingat kondisi lingkungan di RW 03 yang masih berada di bawah angka 50% dalam pencapaian indikator tersebut.

Selain penyuluhan, kegiatan ini juga melibatkan aksi nyata penanaman biopori di beberapa titik yang rawan terjadi genangan air di lingkungan RW 03. 

Warga setempat menyambut baik inisiatif ini dan berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala. Mereka juga berkomitmen untuk merawat biopori yang telah ditanam agar tetap berfungsi dengan baik. 

Ketua RW 03 Desa Jati, Bapak Shohih, berharap apabila biopori ini memiliki dampak positif berencana untuk memasang dan menggalakkan biopori di masing-masing rumah warga.

"Di daerah sini, satu jam saja hujan lebat bisa langsung banjir, tingginya sampai 60 cm, tapi nanti dua jam sudah surut lagi. Harapan saya selaku Ketua RW, apabila ada dampak positif dari biopori kami berencana untuk memasang dan menggalakkan biopori di masing-masing rumah warga,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari Mahasiswa KKN-T Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan, program-program serupa dapat terus dikembangkan di masa mendatang dan warga Desa Jati dapat lebih tanggap terhadap perubahan iklim dan menjadi desa yang layak air bersih serta sanitasi yang lebih baik.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyuluhan dan Penanaman Biopori di RW 03 Desa Jati, Upaya Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur Cegah Banjir Berulang

Trending Now