Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Tanamkan Kreativitas Anak-Anak Melalui Kegiatan (SEBIJI) di SDN Bejijong 1

Admin JSN
17 Agustus 2024 | 17.44 WIB Last Updated 2024-08-17T10:44:16Z
Mahasiswa KKN mengadakan program SEBIJI, sebuah inovasi unik dalam bentuk seni mozaik berbahan dasar biji-bijian di SDN Bejijong 1

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Desa Bejijong yang terkenal dengan kekayaan seni dan budaya, menjadi saksi lahirnya kreativitas baru di kalangan anak-anak, melalui kegiatan “SEBIJI” atau “Seni Biji-Bijian” yang digagas oleh mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur (13/08/2024). Program ini ditujukan dengan sasaran peserta siswa-siswi kelas 1, 2, dan 3 SDN Bejijong 1. 

Program “SEBIJI” menghadirkan inovasi unik dalam bentuk seni mozaik berbahan dasar biji-bijian, di mana anak-anak SDN Bejijong 1 diajak untuk mengolah biji-bijian beraneka warna dan bentuk menjadi karya seni yang indah di atas kanvas. Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan saja, tetapi juga mengasah keterampilan seni, mengajarkan kesabaran, serta ketelitian sejak dini di dalam menciptakan pola atau gambar yang telah ditetapkan. 

Kegiatan “SEBIJI” memanfaatkan biji-bijian lokal, seperti jagung, kedelai, kacang hijau, dan kacang merah, sehingga anak-anak SDN Bejijong 1 diajak secara langsung untuk lebih mengenal dan mengekspresikan potensi alam yang ada di lingkungan sekitar.

Konsep Kegiatan “SEBIJI” yang diusung oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur dikemas dalam bentuk kegiatan edukatif yang mampu memberikan kesan menyenangkan bagi siswa-siswi SDN Bejijong 1. Anak-anak tidak hanya diajarkan untuk belajar, namun juga diajak bermain bersama, melalui ice breaking yang diselipkan di setiap kegiatan. 

“Tujuannya untuk menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan, sehingga anak-anak merasa lebih nyaman dan termotivasi dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan,” ujar salah satu mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur.

Dalam proses kegiatan “SEBIJI”, siswa-siswi kelas 1, 2, 3 SDN Bejijong 1 dikelompokan sesuai kelas masing-masing dan kemudian dibagi menjadi empat kelompok. Pembagian kelompok ini dilakukan agar dapat mengembangkan keterampilan sosial, kerja sama tim dan hubungan yang kuat di antara para siswa. 

Kegiatan ini semakin meriah oleh adanya pengumuman atas hasil karya mozaik terbaik yang telah dikreasikan oleh siswa-siswi. Terdapat satu pemenang yang terpilih untuk memperoleh juara dari masing-masing kelas. Kemudian, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan doa. 
Rangkaian kegiatan “SEBIJI”, disambut dengan respon positif dan antusiasme yang hangat dari para guru dan siswa-siswi kelas 1,2, dan 3 SDN Bejijong 1. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya antusiasme yang dimiliki para siswa di dalam mengikuti kegiatan “SEBIJI” dari awal hingga akhir kegiatan. 

Harapan dari terselenggaranya kegiatan “SEBIJI” ini, mampu memberikan kontribusi di dalam meningkatkan wawasan, keterampilan, bakat yang dimiliki oleh siswa-siswi SDN Bejijong 1, sehingga secara tidak langsung Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur mampu menciptakan pendidikan yang berkualitas di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Tanamkan Kreativitas Anak-Anak Melalui Kegiatan (SEBIJI) di SDN Bejijong 1

Trending Now