Sosialisasi Pencegahan Cyberbullying Bersama SDN Bejijong 01 oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur

Admin JSN
28 Juli 2024 | 09.06 WIB Last Updated 2024-07-28T02:06:53Z

Potret para peserta KKNT Bela Negara dan siswa siswi SDN 01 Bejijong

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Kegiatan sosialisasi di sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak-anak, terutama pada era teknologi dan informasi saat ini. Sosialisasi yang baik dapat membantu mencegah perilaku negatif seperti cyber bullying di media sosial.

Untuk mencegah perilaku cyber bullying di media sosial, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara Kelompok 02 UPN "Veteran" Jawa Timur di Desa Bejijong mengadakan kegiatan sosialisasi bertajuk "Bijak Bersosial Media" di SDN Bejijong 01, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto pada hari Sabtu, (28/7/2024).

Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur memaparkan materi mengenai perilaku bijak dalam menggunakan media sosial untuk menghindari cyber bullying kepada siswa kelas 5 dan 6 SDN Bejijong 01. Pada kegiatan ini, mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 02 UPN "Veteran" Jawa Timur disambut dan diterima oleh Kepala Sekolah SDN Bejijong 01, Sunarti, S.Pd.

“Terkait dengan materi bersosial media, juga tepat kiranya saat ini kita tahu bahwa konten di media sosial tidak bisa kita bendung karena memiliki dua sisi mata uang yang memiliki sisi positif dan negatif,” ujarnya dalam sambutan kegiatan.

Kegiatan sosialisasi cyber bullying ini berjalan dengan lancar dan antusiasme para siswa sangat tinggi. Materi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik kepada para peserta. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada anak-anak SD 01 Bejijong tentang bagaimana mereka memanfaatkan gadget dengan bijaksana dan tidak menyalahgunakan penggunaan media sosial,” tambah Kepala Sekolah SDN Bejijong 01.

Dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan peserta memahami dan mampu menggunakan media sosial dengan bijak. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa KKNT Bela Negara untuk menyalurkan dan membagikan ilmu serta mengedukasi siswa kelas 5 dan 6 SDN Bejijong 01 tentang penggunaan media sosial.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu guru dan kepala sekolah SDN Bejijong 01 yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa KKN UPN dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi cyber bullying untuk para siswa,” ungkap Ketua Kelompok 02 KKNT Bela Negara UPN "Veteran" Jawa Timur.

Para mahasiswa peserta KKNT Bela Negara Kelompok 02 UPN "Veteran" Jawa Timur berharap, kegiatan sosialisasi bijak bermedia sosial yang berfokus pada pencegahan tindakan cyber bullying ini dapat bermanfaat dan menjadi langkah preventif dalam perilaku negatif di media sosial oleh para siswa sekolah dasar.

*Penulis/Editor: Vintya Meily Alves, Dwi Zhaafira Pratiwi, Roshinta Tri Fitrianita*

#CyberBullying #Sosialisasi #KKNTBelaNegara #UPNVeteranJawaTimur #DesaBejijong

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Pencegahan Cyberbullying Bersama SDN Bejijong 01 oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur

Trending Now