Lagi, Gus Mujib Calon Bupati Pasuruan Sampaikan Pentingnya Ibu Menirakati Anak Saat HUT Cangkru an Religi di Rejoso

Admin JSN
10 Juli 2024 | 08.41 WIB Last Updated 2024-07-10T01:46:23Z

Lagi dan lagi Gus Mujib, tak bosan sampaikan pentingnya menirakati  anak.  

PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM - Perayaan HUT Cangkru'an Religi ke-7 yang diadakan di Karang Anyar Rejoso Kidul, Rejoso, Pasuruan berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Acara yang dimulai pukul 21.00 WIB ini juga diisi dengan kegiatan santunan untuk anak yatim dan dhuafa, pada Selasa, (9/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Gus Mujib memberikan beberapa dawuh yang menginspirasi para hadirin. Ia menyampaikan bahwa orang yang bersyukur pasti akan mendapatkan tambahan nikmat. Kesehatan, menurutnya, harus digunakan untuk melakukan amal baik dengan niat mensyukuri nikmat sehat yang diberikan oleh Allah.

Gus Mujib juga disebut sebagai calon bupati yang komplit oleh para kiai dan tokoh-tokoh setempat. Ia menekankan pentingnya para santri untuk selalu menyambung hubungan dengan guru atau kiainya. "Kalau kita bisa gati (berserah diri) ke pengeran (Tuhan), pasti akan digateni (dipelihara) sama Allah," tuturnya.

Gus Mujib juga menceritakan bagaimana ibunya selalu mengingatkan dan mengontrolnya untuk selalu sholat berjamaah. Hal ini menjadi contoh teladan seorang ibu kepada anaknya. Sehingga dalam setiap kesempatan bila bertemu ibu atau wali santri menyampaikan pentingnya nirakati anak. 

"Jangan lupa niatkan untuk menirakati (mendoakan) anak cucu dengan sholat berjamaah," tambahnya.

Dalam ceramahnya, Gus Mujib juga mengutip hadis yang mengingatkan bahwa mengingkari nikmat akan mendatangkan siksa yang pedih. Sebaliknya, bersyukur akan menumbuhkan sifat qonaah (merasa cukup dengan apa yang dimiliki). Ia menjelaskan bahwa keturunan manusia terdiri dari tiga jenis: anak nasab (keturunan darah), anak sebab (keturunan karena suatu sebab), dan anak bisabab mahabbah (keturunan karena cinta kasih).

Ia mengajak semua yang hadir untuk belajar mensyukuri nikmat yang ada. Di akhir ceramah, Gus Mujib meminta doa dalam rangka mengikuti pilkada dan menceritakan sedikit awal mula dirinya didorong oleh para masyayikh dan tokoh masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk maju dalam pilkada. Tak lupa, ia juga mendoakan seluruh hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lagi, Gus Mujib Calon Bupati Pasuruan Sampaikan Pentingnya Ibu Menirakati Anak Saat HUT Cangkru an Religi di Rejoso

Trending Now