SEJUMLAH PROKER MAHASISWA KSM-E UNIVERSITAS ISLAM MALANG TAHUN 2024 DI MASJID AL-IKHLAS TUNJUNGTIRTO SINGOSARI

Eko Rudianto
29 Maret 2024 | 21.38 WIB Last Updated 2024-04-08T02:09:33Z

Santunan dan mangajar al-qur’an TPQ Al-ikhlas dalam rangka program kerja KSM-E UNISMA 2024
MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa KSM-E UNISMA tengah melaksanakan program KSM atau Kandidat Sarjana Mengabdi di kalurahan Tunjungtirto Singosari. Program KSM-E ini berlangsung di salah satu Masjid kelurahan Tunjungtirto, tepatnya masjid Al-Ikhlas dan termasuk lembaga TPQ di dalamnya. Malang, Sabtu (9/3).

Berdasarkan hasil observasi dan diskusi mahasiswa KSM-E UNISMA di Tunjungtirto. Kelompok ini beranggotakan 10 mahasiswa yang terdiri 6 laki-laki dan 4 perempuan. Adapun beberapa program yang dihasilkan, yaitu kerja bakti bersama warga membersihkan masjid dan sekitarnya, mengajar al-qur’an di TPQ Al-ikhlas dan mengaji bareng warga dalam rangka menyambut ramadhan dengan tema yang di angkat. (Refleksi Multicultural Serta Transformasi Diri Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan). 

Program ini dilaksanakan selama satu hari, dimulai dengan sholat subuh berjama’ah dan diakhiri dengan acara mauidzotul hasanah yang di isi langsung oleh salah satu mahasiswa KSM-E dan dihadiri oleh warga sekitar. Kami bersepakat berangkat bersama ke lokasi pada malam hari pukul 20.00 wib dan Alhamdulillah kami tiba dilokasi sekitar pukul 20.30 wib. Kemudian istirahat dan bermalam ditempat yang berbeda, perempuan di salah satu kediaman mahasiswa yang termasuk warga Tunjungtiro, sementara laki-laki bertempat di masjid Al-ikhlas.

Selain itu mahasiswa UNISMA juga memberikan santunan berupa makanan dan minuman ringan sehat kepada anak-anak sekitar khsusunya santri TPQ Al-ikhlas serta melakukan perbaikan dan pembaharuan fasilitas masjid yang telah usang dan rusak, seperti lampu, kabel dan bak mandi. Hal ini dilakukan semata demi kenyaman dan kebaikan untuk kegiatan masjid Al-ikhlas Tunjungtirto. 

Dengan adanya kegiatan KSM ini diharapkan bisa bermanfaat bagi siswa, guru TPQ dan seluruh warga sekitar masjid AL-ikhlas Tanjungtirto. Selain itu juga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai bekal bagi kami mahasiswa KSM-E untuk kehidupan kelak di tengah-tengah masyarakat. Ans




 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SEJUMLAH PROKER MAHASISWA KSM-E UNIVERSITAS ISLAM MALANG TAHUN 2024 DI MASJID AL-IKHLAS TUNJUNGTIRTO SINGOSARI

Trending Now