Dusun Terpencil Menjadi Daya Tarik Mahasiswa UNIRA Malang untuk Melaksanakan KKN

Eko Rudianto
24 Januari 2024 | 22.12 WIB Last Updated 2024-01-24T23:54:23Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : 
Dalam rangka menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa Unira Malang lebih tepatnya kelompok 13 memilih Dusun Terpencil yang berada di Kabupaten Malang untuk melaksanakan progam KKN mereka. ( Rabu, 24 januari 2024).

Dusun Lebaksari merupakan salah satu Dusun yang berada di Desa Kepatihan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Dusun ini termasuk salah satu Dusun terpencil yang berada di Kabupaten Malang yang memiliki 2 RT dan 1 Rw dengan jumlah penduduk sebanyak 462 jiwa. banyak hal yang perlu di perbaiki dari Dusun ini, mulai dari Infastuktur, SDM dan Potensi Ekonominya.Hal inilah yang membuat Mahasiswa KKN-T kelompok 13 dari Universitas Islam Raden Rahmat Malang tertarik untuk melaksanakan KKN di Dusun tersebut.

Mahasiswa KKN-T Kelompok 13 sengaja memilih Dusun tersebut karna mereka memiliki tujuan dan niat baik untuk membantu serta mengangkat nama Dusun tersebut Melalui potensi sumber daya alam yang dimilikinya, selain itu mahasiswa KKN-T kelompok 13 juga memerlukan data Desa terkait isu Asset Manusia, Asset Infastuktur, Asset Ekonomi, Asset Social Budaya, dan Asset Sumber Daya Alam sesuai dengan Tema Progam KKN-T Unira Yaitu Daulat data.

“Kegiatan seperti KKN ini memang seharusnya dilaksanakan di tempat-tempat yang kurang perhatian serta kurang tersentuh oleh Pemerintahan seperti halnya Dusun-Dusun terpencil.Salah satunya Dusun Lebaksari. Menurut saya dan teman-teman kelompok Dusun Lebak Sari ini merupakan Dusun atau tempat  yang sangat pas untuk kami melaksanakan KKN ini.Selain kami melakukan pengabdian Masyarakat, kami juga mencari data yang sesuai dengan tema KKN-T Unira,DESA DAULAT DATA DESA PASTI DIKDAYA.Di dusun inilah tempat yang paling sesuai untuk kami menggali data karna data yang kami dapatkan pasti akurat’’ ucap Fathur selaku Ketua  KKN-T kelompok 13.

Jauhnya Akses Jalan menuju Fasilitas Umum seperti Fasilitas Kesehatan (Puskesmas) menjadi salah satu tantangan dan hambatan bagi warga Lebaksari serta keterlambatan penanganan sering terjadi.Setelah melaksananakan kegiatan chek lokasi Kkn t 13  juga melakukan sedikit wawancara dengan kepala Kasun Lebaksari, Muhamat Rizal selaku kepala dusun yang memimpin dusun tersebut. Beliau tergolong masih muda diusianya yang ke 24namun sukses memimpin dusun tersebut sehingga meskipun dusun tersebut dikategorikan sebagai dusun terpencil, beliau mmpu membuktikan jika dusun terpencil juga bisa maju dan tidak tertinggal informasi, pendidikan dan Tegnologinya Muhamat Rizal adalah Kepada Dusun yang memimpin di wilayah tersebut. Usia 24 Tahun masih tergolong muda untuk memimpin sebuah wilayah, tapi dengan niat baiknya dan tekat untuk membangun Desa, beliau sukses menjadikan Dusun terpencil ini menjadi Lebih Baik.

“ya, memang dusun saya ini di kategorikan sebagai dusun terpencil oleh bapak Bupati Malang sejak satu tahun yang lalu yaitu tahun 2023, di kategorikan sebagai dusun terpencil karna akses menuju fasilitas-fasilitas umum seperti fasilitas Kesehatan,kantor desa dan kantor kecamatan sangatlah jauh di bandingkan dengan dusun/desa lainya, infrastruktunnha juga masih banyak yang belum memadai sehingga menghambat semua kegiatan yang ada di dusun saya. Kegiatan KKN seperti ini memang sebaiknya melaksanakan kegiatan di tempat tempat yang kurang tersentuh oleh perhatian Pemerintahan sepeti halnya kelompok 13 yang melaksanakan KKN di Dusun saya ini. Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi Masyarakat kami, karena mengingat masyarakat kami yang kurang pengetahuan serta pentingnya arti sebuah pendidikan bagi mereka semoga dapat membuka Wawasan bagi warga desa serta dapat memotivasi Masyarakat agar dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin”.Tutur Pak Rizal kasun Lebaksari.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dusun Terpencil Menjadi Daya Tarik Mahasiswa UNIRA Malang untuk Melaksanakan KKN

Trending Now