KKN UPN Veteran Jawa Timur 2023 di Wadungasri Mengajar dan Bermain bersama Anak-anak

Admin JSN
21 Desember 2023 | 05.53 WIB Last Updated 2023-12-20T23:01:50Z

 

KKN Mengajar dan Bermain bersama Anak-anak Wadungasri 2023 (sumber gambar: doc.mahasiswa kel.6 UPN)

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: KKN, merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan pada suatu wilayah desa. 

Mahasiswa menjadi pionnir utama dalam pelaksanaan KKN, karena dengan ilmu yang telah mereka dapatkan di kampus diharapkan dapat diimplementasikan pada masyarakat. Pada poin yang dilaksanakan oleh mahasiswa tidak lain juga diatur pada tri dharma perguruan tinggi salah satunya mengenai pengabdian kepada masyarakat dan pendidikan. 

Program pendidikan oleh para mahasiswa dapat diberikan terutama untuk generasi penerus bangsa di suatu wilayah. Dengan terjun langsung ke masyarakat, mahasiswa akan dengan mudah menuangkan ide-ide mereka agar dapat bermanfaat untuk masyarakat di bidang pendidikan.

Pendidikan menjadi permasalahan serius di setiap wilayah di Indonesia, karena pendidikan menjadi tonggak atau pondasi bagi generasi penerus bangsa. Dengan adanya pendidikan yang baik akan menumbuhkan anak-anak yang memiliki pemikiran maju dan pemikiran berkembang untuk kehidupan mereka.

 Pendidikan juga memberikan jalan yang terang bagi mereka yang sedang terseat atau tak tau arah. Beberapa kegiatan pendidikan dilakukan seperti mewarnai, menulis, dan menempel agar memacu kekreativitasan pada anak. 

Kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh kelompok 6 KKN Teknik Industri 2023 di gedung Babinsa dan gedung NU merupakan langkah nyata yang diberikan oleh mahasiswa untuk memberikan kesempatan anak-anak belajar sambil bermain. Belajar sambil bermain diharapkan agar anak-anak tidak memiliki rasa bosan dan saling menjaga kesolidaritasan serta rasa kekeluargaan di Desa Wadungasri. Gambar yang diberikan merupakan berbagai cita-cita atau profesi seperti polisi, pemadam, dan dokter. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak yang ada di Desa Wadungasri memiliki pemikiran yang luas dan dapat mengejar cita-cita yang mereka inginkan agar memiliki amsa depan yang cerah. Mahasiswa mengajarkan menulisakan nama mereka, menebak gambar, dan ingin mengetahui cita-cita mereka. “Adiknya kalau sudah besar pingin jadi apa” tanya Dhea kepada anak-anak. “Saya pingin jadi dokter mbak” jawab Dira yang menjadi salah satu peserta mewarnai.

Dalam beberapa pertemuan yang telah dilakuakan, banyak anak merasa senang kedatangan dari kelompok kami. Beberapa dari mereka ada yang sampai diantar oleh ibu mereka dan ditunggu saat bermain sambil belajar bersama teman-teman KKN KELOMPOK 6 DI Desa Wadungasri ini. Antusiasme anak-anak juga cukup besar yang dapat dilihat semakin hari semakin bertambah anak yang berdatangan. Harapan kami dengan adanya program kerja ini dapat membantu meningkatkan rasa kebersamaan dan menjadikan Desa Wadungasri sebagai Rumah Kita bersama.

https://www.upnjatim.ac.id/

https://lppm.upnjatim.ac.id/

https://ft.upnjatim.ac.id/

https://tekindustri.upnjatim.ac.id



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KKN UPN Veteran Jawa Timur 2023 di Wadungasri Mengajar dan Bermain bersama Anak-anak

Trending Now