Siapkan Kualitas Calon Anggota Baru Unggul, OSIS PK MAN 1 Malang Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Eko Rudianto
18 November 2023 | 14.41 WIB Last Updated 2023-11-18T07:50:00Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Pada hari Jumat (17/11), OSIS PK MAN 1 Malang melaksanakan agenda tahunan Latihan Dasar Kepemimpinan kepada 60 calon anggota OSIS PK MAN 1 Malang Masa Bakti 2023/2024. LDK ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para anggota baru terkait kehidupan organisasi dan hal-hal terkait kepemimpinan. Dalam LDK ini terdapat 3 materi utama yang diberikan kepada para peserta, yaitu Organisasi dan Kekeluargaan, Leadership and Character Building, dan Managing Event. Ketiga materi tersebut disampaikan oleh para Purna Bakti PK dan satu orang pemateri eksternal. Pada saat penyampaian materi, para peserta tampak sangat antusias dan mencatat semua materi yang diberikan. Para peserta juga aktif dalam melakukan tanya jawab dengan pemateri serta berdiskusi dengan sesama.

Acara yang berjargon “Lanjutkan yang Lalu, Berkarya yang Baru” ini dimulai dengan proses pengecekan kelengkapan barang bawaan oleh panitia. Dalam pengecekan barang ini, seluruh barang bawaan peserta diperiksa oleh panitia. Apabila terdapat barang bawaan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan maka barang tersebut akan ditahan sementara oleh panitia. Proses pengecekan barang ini mengajarkan kepada peserta makna kepatuhan terhadap peraturan dan kekompakan antaranggota. Meskipun masih terdapat beberapa peserta yang tidak mematuhi ketentuan, proses pengecekan barang bawaan berjalan secara lancar dan para peserta bertindak kooperatif.

Setelah proses pengecekan barang, peserta mulai masuk ke proses pembekalan materi. Pemberian materi terkait Organisasi dan Kekeluargaan yang disampaikan oleh Zanjabila Ubaida, selaku Purna Bakti PK 2018/2019. Dalam materi ini, para peserta diberikan pengertian terkait korelasi antara organisasi dan kekeluargaan. Selain itu, para anggota juga diberikan pengertian terkait tiga aspek dalam organisasi, yaitu Birokrasi, Administrasi, dan Demokrasi. Para anggota juga diajarkan terkait pentingnya menjalankan suatu organisasi yang disertai dengan rasa kekeluargaan sehingga proses organisasi akan menjadi lebih menyenangkan dan ringan karena dikerjakan bersama dengan rasa saling memiliki dan saling membantu.

Materi kedua adalah terkait Leadership and Character Building yang disampaikan oleh Fiky Adi Darma, sebagai pemateri eksternal. Materi ini menjelaskan terkait ciri dan sikap seorang pemimpin yang baik, yaitu jujur, dapat membaca situasi dengan baik, memiliki kecerdasan emosional, dapat memanajemen kondisi, menunjukkan integritas, berlaku inspiratif, dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada seluruh anggotanya. Sesi penyampaian materi ini diawali dengan group game yang menyiratkan pesan terkait kerja sama tim, mematuhi perintah pemimpin, saling pengertian di dalam kerja sama tim, dan menjauhkan diri dari egoisme saat bekerja di dalam tim.

Materi terakhir menjelaskan terkait Managing Event atau pengelolaan acara. Dalam materi ini, Roy Erza, sebagai pemateri sekaligus Purna Bakti Pk 2020/2021, menjelaskan terkait jenis-jenis acara serta proses pembuatan acara yang mencakup pre-event, event, dan post-even. Pada saat pemberian materi terakhir, para peserta antusias dan aktif dalam berdiksusi bersama pemateri. Dari materi ini, para peserta LDK diharapkan dapat mengerti bagaimana proses pembuatan acara yang baik sehingga dapat mejadi bekal dalam berjalannya keorganisasiani OSIS PK MAN 1 Malang Masa Bakti 2023/2024. Setelah penyampaian materi ketiga, acara LDK hari pertama ditutup dengan untaian doa yang kemudian disusul dengan pemulangan peserta ke tempat tinggal masing-masing.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siapkan Kualitas Calon Anggota Baru Unggul, OSIS PK MAN 1 Malang Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Trending Now