Mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Malang (UM) 2023 Promosikan Kesadaran Lingkungan di Wisata Umbulan Tanaka Melalui Sosialisasi Sampah dan Pengadaan Bank Sampah

Eko Rudianto
15 November 2023 | 11.58 WIB Last Updated 2023-11-15T04:58:48Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Wisata Umbulan Tanaka merupakan salah satu destinasi wisata air yang populer di Kabupaten Malang. Lokasi wisata ini berada di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Kepopuleran wisata tersebut mengundang banyaknya wisatawan dari berbagai daerah, semakin banyaknya wisatawan yang dating maka akan semakin banyak sampah yang dihasilkan. ​Untuk mengatasi masalah sampah tersebut, mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Malang mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan sosialisasi sampah dan mengadakan bank sampah sebagai solusi yang efektif untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sosialisasi “Pentingnya Memilah Sampah Berdasarkan Jenisnya” dilakukan pada tanggal 13 September 2023. Pada penyelenggaraan sosialisasi tersebut mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Malang mengundang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang untuk menyampaikan materi mengenai pentingnya pemilahan sampah yang baik dan benar. Mereka juga memberikan edukasi tentang cara pengolahan sampah serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang terbuang begitu saja. Sosialisasi dihadiri oleh masyarakat Dusun Arjomulyo, Kelompok Wanita Tani (KWT), karang taruna, dan pengelola wisata umbulan tanaka. Terselenggaranya sosialisasi ini diharapkan peserta dapat memahami pentingnya peran mereka dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan khususnya di Wisata Umbulan Tanaka.

Selain itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan pembuatan bank sampah sebagai solusi efektif dalam mengatasi masalah sampah di Kawasan Wisata Umbulan Tanaka. Bank sampah ini akan menjadi wadah bagi pengelola wisata untuk menukarkan beberapa jenis sampah anorganik yang mereka kumpulkan. Setelah pembuatan bank sampah selesai, pengelola wisata akan membentuk struktur organisasi yang akan mengatur operasional dan pengelolaan bank sampah. Pembentukan struktur organisasi ini bertujuan agar bank sampah dapat berjalan efisien, mengoptimalkan pengumpulan, pemilahan, dan pemanfaatan sampah. "Kami berharap melalui sosialisasi dan pengadaan bank sampah ini, masyarakat yang berada di Wisata Umbulan Tanaka dapat lebih sadar dan peduli akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan." ujar Mita Ayuni selaku penanggung jawab program kerja.

Pengelola wisata Umbulan Tanaka menyambut baik langkah yang diambil oleh mahasiswa KKN-T ini. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dukungan penuh dalam pengadaan dan pengelolaan bank sampah tersebut. Diharapkan dengan adanya sosialisasi sampah dan bank sampah di wisata Umbulan Tanaka, kesadaran pengelola dan wisatawan terhadap pentingnya pengelolaan sampah juga akan semakin meningkat. Mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Malang telah menunjukkan inisiatif yang luar biasa dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di wisata Umbulan Tanaka. Langkah ini juga diharapkan dapat mengurangi dampak negatif sampah anorganik terhadap lingkungan wisata dan memberikan manfaat ekonomi bagi wisata umbulan tanaka.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Malang (UM) 2023 Promosikan Kesadaran Lingkungan di Wisata Umbulan Tanaka Melalui Sosialisasi Sampah dan Pengadaan Bank Sampah

Trending Now