KKN-T UM 2023 Membuka Usaha Persewaan Kostum Kimono

Eko Rudianto
15 November 2023 | 11.15 WIB Last Updated 2023-11-15T04:16:03Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Environmental Sustainable SDGs Departemen Kimia Universitas Negeri Malang mencetuskan sebuah ide untuk membuat tempat penyewaan baju kimono di tempat wisata Tanaka Waterfall yang diberi nama SEKITAN (Sewa Kimono Tanaka). Hal ini sebagai tindak lanjut dari hasil observasi dimana tempat wisata Tanaka Waterfall yang didesain dengan bernuansa seperti di Jepang belum mengoptimalkan hal tersebut untuk menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kimono merupakan pakaian tradisional Jepang yang memiliki karakteristik dan aksesoris yang dibuat secara khusus, sehingga dengan adanya program SEKITAN ini dapat juga menjadi peluang bagi penggemar fotografi yang ingin mendokumentasikan momen indah dalam pakaian tradisional dan menambah kesan khas seperti berada di Jepang. Penyewaan baju kimono telah menjadi tren yang menarik karena menghadirkan pengalaman budaya yang unik bagi wisatawan.


“Pelaksanaan program kerja SEKITAN ini bertujuan untuk memberikan inovasi terkait usaha kepada pihak masyarakat desa Bangelan khususnya pengelola wisata Tanaka Waterfall, sehingga dengan adanya program ini diharapkan bisa melahirkan ide bisnis yang kreatif dan membuka lapangan pekerjaan baru. Dengan demikian, diharapkan program kerja SEKITAN bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi suatu usaha baru yang berkelanjutan,” ucap Aksyal Khowarie selaku penanggungjawab program SEKITAN ini.

Program SEKITAN ini mulai diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 24 September 2023, hal ini dikarenakan dari observasi yang dilakukan diketahui bahwa puncak keramaian wisatawan di Tanaka Waterfall adalah saat akhir pekan. Dimana hari pertama ini dapat dijadikan tolok ukur antusiasme wisatawan terhadap adanya tempat penyewaan baju kimono ini. Dari hari pertama ini dapat diidentifikasi bahwa adanya tempat penyewaan kimono ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan pengembangan pariwisata karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dengan meningkatnya minat wisatawan dengan budaya Jepang ini, tempat penyewaan kimono tidak hanya memberikan lebih dari sekadar pakaian namun juga memberikan pengalaman langsung terhadap tradisi berpakaian Jepang. Oleh karena itu, destinasi wisata Tanaka Waterfall ini tidak lagi hanya tentang tempat-tempat ikonik bernuansa Jepang saja melainkan tentang momen-momen indah yang tercipta ketika wisatawan merasakan keindahan budaya Jepang. Diharapkan dengan adanya tempat penyewaan kimono ini meninggalkan kesan yang tak terlupakan kepada wisatawan dan dapat memperoleh pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KKN-T UM 2023 Membuka Usaha Persewaan Kostum Kimono

Trending Now