PKKMB 2023 STIKES KEPANJEN : NAWASENA ATRAKSI, SUKSES DIGELAR

Eko Rudianto
16 September 2023 | 22.48 WIB Last Updated 2023-09-16T16:11:11Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cakap ilmu dan menjadi agen perubahan sosial (agent of social change). Perguruan Tinggi juga secara formal merupakan pendidikan lanjutan yang mempunyai perbedaan yang cukup mendasar dengan pendidikan formal sebelumnya yaitu pendidikan menengah yang terdiri dari pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan baik yang berbentuk Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Keagamaan.

Untuk memfasilitasi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, maka kami Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa STIKes Kepanjen mengajak mahasiswa baru turut serta dalam acara ” PKKMB NAWASENA ATRAKSI STIKes Kepanjen 2023”. PKKMB NAWASENA ATRAKSI STIKes Kepanjen 2023 juga bertujuan mahasiswa dapat memiliki semangat dengan memperluas pengetahuan dan pengalaman dengan harapan menciptakan dan menghidupkan masa depan generasi muda Indonesia yang cerah sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, mahasiswa juga akan didorong menjadi generasi yang aktif, terampil, keren, dan sigap untuk dapat menembus arti “nawasena” dan melihat dunia yang sangat luas. Nawasena disini dapat memberikan makna masa depan yang cerah melalui membaca dan membuka jendela dunia, dengan harapan mahasiswa juga dapat berfikir secara kritis, memiliki semangat dengan memperluas pengetahuan dan pengalaman agar dapat menciptakan dan menghidupkan masa depan generasi muda Indonesia yang cerah sebagai generasi penerus bangsa.

Menindaklanjuti Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, fuset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor: 0489/E.E2/DT.01.01/2023 tanggal 12 JuLi 2023 perihal Panduan Umum PKKMB 2023, bersama ini kami sampaikan panduan PKKMB 2023 kepada Pimpinan perguruan tinggi untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan PKKMB di perguruan tinggi masing-masing. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi Pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan Mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi Mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi Mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selain itu, pelaksanaan PKKMB juga diharapkan dapat menjadi media dan sarana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui PKKMB, Mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Pelaksanaan PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, sedangkan unsur lainnya seperti dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa ikut membantu pelaksanaan kegiatan ini. Oleh karenanya implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika, dan hukum serta memperhatikan protokol kesehatan pecegahan penyebaran Covid-19, yang pada dasarnya untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, baik berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pimpinan universitas, fakultas dan dosen dan lain- lainnya. Oleh karena itulah, PKKMB (Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru), merupakan kegiatan yang penting di berbagai Perguruan Tinggi.

Sejak tahun 2020 sampai sekarang, Bangsa Indonesia dan bangsa lain di Dunia sedang menghadapi wabah COVID-19. Kondisi ini memberikan tantangan dan peluang untuk menciptakan kreativitas dan memanfaatkan teknologi dalam penanganan Kesehatan, pemulihan ekonomi dan penyelenggaraan pendidikan. Mahasiswa baru saat ini sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik. PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk dapat menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme, korupsi, dan lainnya. Upaya peningkatan rasa persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan PKKMB.

Selain itu PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat. Mahasiswa baru juga perlu dibekali dengan pemahaman tentang upaya mengurangi potensi penularan Covid- 19. 

Tujuan umum Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi, secara khusus tujuan meliputi Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika); Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas academika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tridharma perguruan tinggi; Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar; Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman, sehat, dan hijau; Membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, antikekerasan seksual, antiperundungan, antinarkoba, antikorupsi, berbudaya, bermartabat, dan inspiratif; Memperkenalkan pentingnya aspek keselamatan, kesehatan kerja, dan menjaga kesehatan lingkungan kampus; Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, berorganisasi, dan berprestasi; Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab; dan Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner). 

kami berharap kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Nawasena ATRAKSI (Aktif, Terampil, Keren dan Sigap) 2023 yang telah kami rancang dalam proposal ini dapat terealisasikan dengan baik dan maksimal. Dukungan dan bantuan dari semua pihak kami harapkan untuk mewujudkan kegiatan ini. ATRAKSI (AKTIF, TERAMPIL, KEREN, dan SIGAP) dalam mewujudkan asa dan cita-cita”. Maksud dari tema ini adalah melalui PKKMB Nawasena 2023, mahasiswa dapat menciptakan sikap aktif, terampil, menjunjung terhadap sifat kekeluargaan, sifat empati yang tinggi, religi, memiliki sifat tanggung jawab, menciptakan suatu jaringan pengetahuan, dan memiliki sikap sigap.

Dengan diadakan PKKMB Nawasena 2023 ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki semangat dengan memperluas pengetahuan dan pengalaman dengan harapan menciptakan dan menghidupkan masa depan generasi muda Indonesia yang cerah sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, mahasiswa juga akan didorong menjadi generasi yang aktif, terampil, keren, dan sigap untuk dapat menembus arti “nawasena” dan melihat dunia yang sangat luas. Nawasena disini dapat memeberikan makna masa depan yang cerah melalui membaca dan membuka jendela dunia, dengan harapan mahasiswa juga dapat berfikir secara kritis, memiliki semangat dengan memperluas pengetahuan dan pengalaman agar dapat menciptakan dan menghidupkan masa depan generasi muda Indonesia yang cerah sebagai generasi penerus bangsa.

"Alhamdulilah acara PKKMB Nawasena 2023 telah selesai dilaksanakan. Saya banyak berterimakasih kasih kepada semua teman-teman pengurus Ormawa periode ini karena telah berpatisipasi dari awal hingga akhir sehingga acara ini berjalan dengan lancar. Rasa bahagia, sedih, khawatir,lelah telah berhasil kami lewati. Dari kepanitian ini membuat kita belajar bahwa keberhasilan tercapai karena adanya kerjasama yang baik" tutur Fricka Amira Oktriana Ketua Pelaksana PKKMB STIKES Kepanjen 2023.

"Harapan saya semoga PKKMB kedepannya terlaksana lebih baik lagi daripada tahun ini. Sehingga dapat membuat semangat para mahasiswa dan menarik daya minat calon mahasiswa baru tahun depan untuk berkuliah di STIKes Kepanjen" pungkas Fricka.



SAYA BISA! KITA BISA! STIKES BISA!

STIKES KEPANJEN! KEREN!



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PKKMB 2023 STIKES KEPANJEN : NAWASENA ATRAKSI, SUKSES DIGELAR

Trending Now