HARI KE-2 PKKMB UNIRA : YENNY WAHID SAMBUT MAHASISWA BARU UNTUK MENJAGA KESATUAN BANGSA

Eko Rudianto
03 September 2023 | 10.38 WIB Last Updated 2023-09-03T03:38:45Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNIRA pada hari ke-2 berlangsung di Pendopo Kabupaten Malang Hari Sabtu, 2 September 2023. 

Kegiatan  ini di buka dengan penayangan video pidato sambutan oleh Putri Presiden Abdurrahman Wahid Gus Dur), yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid, S.I.Kom., M.P.A. atau biasa kita mengenal beliau dengan nama Yenny Wahid. Beliau meminta maaf atas ketidakhadirannya pada hari ini dikarenakan adanya kegiatan lain yang sudah terencana di jauh hari.

Dalam video sambutan tersebut, beliau mengatakan bahwa Mahasiswa saat ini adalah generasi yang akan menjadi tulang punggung untuk kemajuan negara kita. Terdapat 3 tantangan besar untuk remaja saat ini yaitu ideologi, ekologi, dan teknologi. Dibutuhkan keyakinan agama yang kuat untuk menghadapi tantangan tersebut. Menjadi mahasiswa itu diharapkan dapat Berfikir kritis, kemampuan meyakinkan masyarakat, dan menjaga kesatuan negara Indonesia. Permasalahan budaya masih berkembang bebas di negara kita ini, maka dengan kejujuran dan Akhlakul Karimah kita dapat mengatasi itu semua. Generasi muda diharapkan bisa memperbaiki dirinya dan dimulai dari diri pribadinya masing-masing.

Adapun pesan yang beliau sampaikan pada kegiatan PKKMB 2023 ini yaitu,

"Sebagai mahasiswa agar bisa relevan dan terus bertahan maka pupuklah kreatifitasmu dengan cara membaca yang akan membangkitkan sel-sel otak kita untuk dapat berwawasan luas. Jangan sampai kita menjadi korban mesin yang akan merusak diri kita sendiri. Jangan sampai terseret dalam konten-konten yang menjerumuskan. Carilah konten-konten  yang akademik serta memotivasi diri kita untuk menjadi lebih baik lagi”, ungkap Yenny Wahid.

Dilanjutkan dengan acara selanjutnya yaitu penyampaian materi-materi wajib PKKMB mulai dari wawasan, sistem Perguruan Tinggi (bidang akademik dan keuangan), pengembangan karakakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual, anti kekerasan seksual, anti perundungan dan yang terakhir materi tentang ASWAJA.

Ditutup dengan acara penyerahan dari Universitas yaitu Rektor kepada Fakultas yaitu Dekan untuk melanjutkan rangkaian PKKMB tahun 2023 yang akan dilaksanakan di tingkat Fakultas.

PKKMB 2023 ini diharapkan menjadi awal bagi para mahasiswa baru UNIRA Malang untuk dapat membawa manfaat di kampus. Selain itu, mahasiswa juga merupakan generasi millennial yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara. Manfaatkan sebaik mungkin dalam 4th di UNIRA ini sebagai sarana untuk memperkuat intelektual dan memperkuat kepedulian sosial pada masyarakat.

Rektor UNIRA Malang, H. IMRON ROSYADI HAMID, S.E., M.Si. berpesan agar mahasiswa baru dapat mengolah rasa diri dan Menguatkan Karakter Diri sendiri untuk mencegah Bullying terjadi.

“Pilihan anda untuk kuliah sudah benar bahwa investasi terbesar adalah pendidikan.” Pungkas Rektor UNIRA Malang.

Secara langsung Rektor UNIRA Malang menyerahakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru kepada Dekan Fakultas masing-masing sesuai Program Studi. Kegiatan PKKMB akan berlanjut di tingkat fakultas dengan jadwal yang ditetapkan masing-masing fakultas dan Jangan lupa untuk memantau SIMA UNIRA.

Acara ini di hadiri oleh Ketua YPTI Raden Rahmat Dr. KH. Muhammad Hanief, M.Pd.I, Ketua Senat UNIRA Dr. KH. Romadlon Chotib, M.Hi, Rektor UNIRA H. Imron Rosyadi Hamid, SE., M.Si beserta jajaran rektorat, Dekan UNIRA, Kepala Lembaga UNIRA, Kanit Babinkamtibmas POLRES Malang IPDA Dwi Bambang Novrianto, dan Kapten Inf. Djoko Sungkowo TH kodim Malang-Batu .

Penulis : Hanifa

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HARI KE-2 PKKMB UNIRA : YENNY WAHID SAMBUT MAHASISWA BARU UNTUK MENJAGA KESATUAN BANGSA

Trending Now