PELATIHAN PEMENULISAN JURNAL KARYA ILMIAH BATCH 3

Eko Rudianto
07 Agustus 2023 | 13.20 WIB Last Updated 2023-08-07T06:23:04Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Pada tanggal, 5 Agustus 2023, UKM IKAPENMA IAI Al Qolam Malang telah berhasil menyelenggarakan pelatihan menulis jurnal ilmiah untuk mahasiswa IAI Al Qolam Malang. Acara yang berlangsung di Cafe and Bar Jahe Merah, Jalan Pancir Gondanglegi Malang, dihadiri oleh mahasiswa dan dosen.

Pelatihan ini dimeriahkan oleh tiga pemateri yang ahli di bidangnya, yaitu Moh. Ahsan Shohifur Rizal, Rifqi Bakhtiar, dan Syaifuddin Zuhri. Dalam acara ini, para peserta diberikan wawasan tentang pentingnya menulis jurnal ilmiah sebagai tuntutan bagi mahasiswa guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mereka.

Pada pertemuan awal, Bapak Ahsan menekankan pentingnya memahami proses, dasar-dasar, dan contoh-contoh dalam menulis jurnal beliau Mengatakan "Yang penting kalian tau dulu proses, dasar²nya, dan contoh²nya. Dan cara menggunakan alat perang tersebut. Sudah tau bagaimana cara membuat jurnal, sudah memiliki judul dan outline. Nahh, PR nya kalian harus memahami betul urutan dan kalimat yang sesuai dengan outline kalian".

Di pertemuan kedua, peserta diberi tugas untuk menyelesaikan 10 halaman pertama dalam satu hari setelah memiliki judul dan outline, dengan tujuan memahami urutan dan kalimat yang sesuai dengan outline tersebut.

Pemateri lain, yaitu Rifqi Bakhtiar, seorang alumni UIN yang saat ini menempuh pendidikan di Monash University, Australia, memberikan dorongan semangat agar mahasiswa tidak takut untuk kuliah di luar negeri, karena pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, beliau mengatakan " jangan takut untuk kuliah di luar negeri, saya jamin kalian pasti akan senang bisa belajar di sana". Ia juga menekankan pentingnya keterampilan menulis, menyatakan bahwa dengan mendengar dan membaca saja tidak cukup, mahasiswa juga harus pandai menulis. Menulis dianggapnya sebagai hal yang tidak akan pernah merugikan, karena apa pun yang ditulis pasti akan berguna.." jika kalian pandai mendengar dan membaca kalian juga harus pandai menulis. maka menulislah kalian tidak akan rugi apapun yang kalian tulis pasti akan berguna" 

Pemateri ke- 3 Syaifudin Zuhri juga memberikan pemahamannya, seseorang yang lulus tanpa skripsi di IAI ALQOLAM MALAN ini mengatakan bahwa " Membuat jurnal itu mudah yang sulit adalah submitnya karena perlu waktu dan kesabaran ekstra untuk menunggu, kalo buat jurnal ya 7 hari selesai kok, asal mempeng dan memperkaya bahan bacaan". Beliau menyampaikan menulis jurnal sebenarnya mudah, namun yang sulit adalah proses submitnya karena memerlukan waktu dan kesabaran ekstra. Namun, dengan ketekunan dan memperkaya bahan bacaan, jurnal bisa diselesaikan dalam tujuh hari.

Diharapkan pelatihan ini akan meningkatkan semangat mahasiswa IAI Al Qolam Malang untuk menulis jurnal ilmiah sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi dan kesuksesan akademik. Berita ini menjadi catatan penting untuk mencatat prestasi dan manfaat dari pelatihan menulis jurnal ilmiah ini. Semoga semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam dunia ilmiah.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PELATIHAN PEMENULISAN JURNAL KARYA ILMIAH BATCH 3

Trending Now