Kick Off UM Super Batch II Tahun 2023

Eko Rudianto
30 Agustus 2023 | 15.18 WIB Last Updated 2023-08-30T08:19:53Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Tahun 2023, Universitas Negeri Malang telah meluncurkan Program UM SUPER (Student– Parent Entrepreneur) untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh Tim Kewirausahaan UM. UM SUPER bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan jiwa wirausaha (entrepreuneurship) berbasis IPTEKS kepada para mahasiswa agar dapat berperan membantu menumbuhkembangkan usaha Orangtua menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Pembukaan/ Kick Off UM Super Batch II Tahun 2023 dilaksanakan di Aula Lantai 9 Graha Rektorat pada Rabu 30 Agustus 2023 pukul 13.30 - 17.00 WIB dihadiri langsung oleh Rektor UM Prof. Hariyono, M.Pd, WR 1, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Direktur Data Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat dan Kerjasama, Kasub Direktorat Kesehjateraan, Kewirausahaan, Karir dan Alumni, Kasub Minar, Bakat dan Penaaran, Kasi Kesejahteraan dan Kewirausahaan, Kasi Karir dan Alumni, Perwakilan Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI, Jatim, CIMB Niaga, BSI, Perwakilan Indonesia Asslciation (IMA) serta 158 mahasiswa. 

Dalam rangka keberlanjutan, program ini juga sebagai salah satu alternatif mengembangkan usaha keluarga dan kestabilan ekonomi keluarga mahasiswa UM. Selain itu, Program ini mendukung ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan membantu peningkatan kapasitas Perguruan Tinggi dalam pembinaan kewirausahaan yang diawali dengan pengembangan karakter dan kompetensi kewirausahaan mahasiswa. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi yang kenyataanya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. 

Persaingan yang semakin kompetitif dalam dunia kerja di era globalisasi saat ini, menuntut mahasiswa menjadi calon SDM yang lebih terampil. Kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kerjasama, manajemen, serta jiwa kewirausahaan merupakan kebutuhanketerampilan yang sangat penting dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa menghadapi persaingan di tengah-tengah masyarakat nantinya. Peningkatan daya saing mahasiswa untuk menghadapi persaingan khususnya di bidang kewirausahaan perlu adanya dukungan peran serta Universitas Negeri Malang (UM) untuk memfasilitasi orangtua dan mahasiswa melalui Program UM SUPER.

Program UM SUPER merupakan bagian dari strategi pendidikan kewirausahaan di UM untuk memfasilitasi para orangtua mahasiswa yang memiliki usaha dengan didukung oleh putranya yang berstatus sebagai mahasiswa UM untuk mengembangkan usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Fasilitas yang diberikan dalam program UM SUPER ini meliputi Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, pengembangan bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan serta keberlanjutan usaha. 

Program UM SUPER ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap Program kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru di Perguruan Tinggi.

Sejak tahun 2009, UM meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dimaksudkan untuk memberikan bantuan modal bagi mahasiswa yang sudah memiliki keterampilan berwirausaha dari berbagai program sebelumnya dan sudah memulai usahanya.

Pada tahun 2023, UM SUPER merupakan program pengembangan usaha orang tua mahasiswa yang telah dikembangkan oleh putranya melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa sebagai peserta. Oleh karenanya program ini sangat penting bagi perguruan tinggi dan mahasiswa yang peduli terhadap perkembangan wirausaha orang tua.

Tujuan yang ingin dicapai dari Program UM SUPER (Student – Parent Entrepreneur) di Universitas Negeri Malang diantaranya untuk Mendorong kolaborasi antara mahasiswa dengan orang tua dalam pengembangan wirausaha; Menumbuhkan iklim dan budaya kewirausahaan di kalangan mahasiswa UM;Memberikan fasilitas yang memadai dalam pemberdayaan wirausaha mahasiswa dan orang tua; Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, bekerja keras, inovatif, berani mengambil risiko dengan perhitungan, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial; Terciptanya unit bisnis baru be2rbasis IPTEK yang dikelola oleh mahasiswa baik perorangan maupun kelompok; serta Mendorong terciptanya lulusan UM yang mandiri dan menjadi wirausahawan baru yang dapat menciptakan peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kick Off UM Super Batch II Tahun 2023

Trending Now