Ampuh Atasi Scabies! Mahasiswa Universitas Negeri Malang Ciptakan Inovasi Obat Krim Scabies dari Kombinasi Ekstrak Daun Sirih dan Daun Mint

Eko Rudianto
01 Agustus 2023 | 16.03 WIB Last Updated 2023-08-03T12:11:56Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Saat ini di Indonesia penyakit kulit scabies menduduki peringkat ke tiga dari 12 total penyakit kulit yang ada. Scabies merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh masuknya tungau kecil yang bernama Sarcoptes scabies ke dalam penyakit kulit luar. Tentu scabies merupakan salah satu permasalahan dalam bidang kesehatan yang seharusnya segera di bumi hanguskan dari masyarakat.

Berdasarkan permasalahan tersebut, sejumlah lima orang mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berasal dari fakultas yang berbeda-beda menciptakan suatu inovasi berupa produk yang bernama OshadaSca. Yaitu obat scabies berbentuk krim, dimana bahan baku yang digunakan adalah kombinasi antara daun sirih dan daun mint.

“Awalnya saya sedikit khawatir dengan tetangga saya yang sedang terjangkit penyakit scabies ini, sudah berobat namun tak kunjung sembuh. Kemudian saya mencari artikel untuk mengetahui bahan apa yang sekiranya dapat mempercepat penyembuhan penyakit scabies ini, dan ketemulah daun sirih salah satu bahan organik yang bisa menjadi alternatif pengobatan.” Ujar Fatkhur selaku ketua tim.

“Terdapat beberapa kandungan yang bersifat anti scabies yang ada didalam daun sirih, diantaranya adalah senyawa fenol. Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang berperan mematikan agen Sarcoptes scabiei. “Berdasarkan fakta-fakta tersebutlah, kami berinovasi untuk menciptakan obat scabies yang berbahan dasar bahan organik seperti halnya daun sirih ini.” tambahnya.

Kombinasi antara daun sirih yang bersifat anti scabies dan daun mint yang memberikan efek menenangkan pada kulit, menjadikan OshadaSca lebih ampuh dan tidak menimbulkan efek samping dalam proses penyembuhan jika dibandingkan dengan kompetitor lain yang sudah beredar sebelumnya. Dan bahan baku yang digunakan dalam OshadaSca adalah bahan organik dan minim melibatkan bahan kimia yang berbahaya dan dapat memberikan efek samping yang berlebihan pada kulit yang terjangkit scabies.

Saat ini OshadaSca sudah mulai diperkenalkan melalui media massa seperti halnya instagram @oshadasca, TikTok, melalui berita-berita, dan juga akan dipasarkan secara online melalui Shopee dan Tokopedia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ampuh Atasi Scabies! Mahasiswa Universitas Negeri Malang Ciptakan Inovasi Obat Krim Scabies dari Kombinasi Ekstrak Daun Sirih dan Daun Mint

Trending Now