Mahasiswa Surabaya Optimalisasi Saluran Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan

Admin JSN
06 Juli 2023 | 21.03 WIB Last Updated 2023-07-06T14:03:04Z


PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur secara resmi menyelenggarakan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui sosialisasi optimalisasi saluran pemasaran dan kepuasan pelanggan kepada Kelompok Tani Hutan Rukun Maju Sejahtera Puspo khususnya di bidang komoditas kopi yang bertempat di Dusun Gondosuli, Desa Puspo, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan di rumah H. Mahrus Sholihin selaku ketua KTH dengan dihadiri oleh anggota KTH Rukun Maju Sejahtera Puspo dan 5 mahasiswa KKN UPN “Veteran” Jatim. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan tujuan membantu para pelaku usaha dalam hal ini KTH Rukun Maju Sejahtera dalam bidang pemasaran.



Para mahasiswa melakukan sesi diskusi terkait keluhan selama melakukan proses pemasaran produk kopi milik KTH  Rukun Maju Sejahtera Puspo dan mencari pemecahan masalah secara bersama-sama. Fokus pemasaran yang diambil oleh mahasiswa KKN UPN “Veteran” Jatim adalah penyebarluasan informasi serta strategi pemasaran untuk produk kopi dan sosialisasi terkait pentingnya kepuasan pelanggan dalam proses pemasaran produk kopi. Anggota KTH Rukun Maju Sejahtera Puspo menyampaikan beberapa kendala terkait pemasaran produk kopi diantaranya dari segi pemasaran kopi yang masih belum efektif dan efisien, proses pemasaran yang masih menggunakan metode tradisional dari mulut ke mulut, dan belum terbitnya NIB untuk para petani.



Permasalahan lain yang dirasakan yakni belum maksimalnya dalam menggunakan fasilitas sistem pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan produk dengan sasaran atau target secara digital. Berdasarkan kendala yang disampaikan oleh KTH Rukun Maju Sejahtera Puspo, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim akan berupaya membantu dalam proses pemasaran, pembuatan digital market untuk pemasaran produk hingga penyebarluasan informasi produk kopi. “Kami akan mendampingi petani petani di KTH Rukun Maju Sejahtera untuk membantu proses pemasaran kopi secara modern menggunakan digital market. Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berharap ilmu yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi petani kopi di Desa Puspo dan dapat meningkatkan volume penjualan kopi Desa Puspo” Kata Rizcha Oktanza Fabiyola salah satu mahasiswa Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur dalam kesempatan tersebut.  



Sementara itu, Bapak H. Mahrus selaku ketua KTH Rukun Maju Sejahtera Puspo juga mengatakan, “Kami sebenarnya berharap sosialisasi ini menjadi sebuah langkah yang baik untuk dilakukan, namun mengingat bahwa banyak petani di KTH Rukun Maju Sejahtera Puspo yang sudah berumur maka saya berharap ada pendampingan dari rekan mahasiswa untuk melakukan hal tersebut. Oleh sebab itu kami menginginkan pendampingan untuk kemajuan dalam hal pemasaran produk kopi KTH Rukun Maju Sejahtera Puspo,” ungkapnya.


Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, perwakilan KPH Pasuruan Perum Perhutani Divisi Regional Jatim dan juga perwakilan Dinas  hadir dalam memberikan support penuh terhadap Kelompok Tani Hutan Rukun Maju Sejahtera untuk terus mengembangkan dan berupaya memperbaiki sistem pemasaran produk kopi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Surabaya Optimalisasi Saluran Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan

Trending Now