Gali Potensi Berkelanjutan Sektor Industri Kreatif, STIKI Malang Gelar Seminar Nasional Sisfotek 2022

Eko Rudianto
24 September 2022 | 12.13 WIB Last Updated 2022-09-24T17:27:27Z


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM:  Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer (STIKI) Malang kembali konsen untuk berperan dalam pembangunan nasional, salahsatunya melalui dunia informatika. Ikatan Ahli Informatika Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional Sisfotek 6 2022 pada 24/09/2022.

Kegiatan mengusung tema 'Kontribusi Digital Marketing dan Finansial Teknologi Guna Mendukung Sektor Industri Kreatif yang Berkelanjutan'.

Acara penuh pembahasan IT tersebut dilakukan pada 24 September 2022 di Aula E STIKI pada pukul 08.00 hingga 12.00. Memiliki tujuan yakni untuk mensinergikan antara dunia informatika terhadap potensi Indonesia guna memajukan Sektor Industri. 

Tak hanya linier informatika, untuk menunjang itu semua harus didukung dengan riset yang berkelanjutan. Riset ini harus mendapatkan dukungan maksimal dari berbagai pihak, perguruan tinggi sebagai center of riset harusnya sudah mulai meningkatkan taraf dan mindset dalam menyusun sebuah riset, bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban dalam menerbitkan artikel dari suatu riset.

Tahun ini, Indonesia sesuai data scopus merupakan merupakan negara yang melakukan submit artikel terbesar secara kualitas, namun sitasinya paling sedikit, akhirnya dalam kualitasnya indonesia paling rendah. Ini menunjukkan bahwa artikel kita jarang diperhatikan, diminati, dibaca atau bahkan dirujuk. Praduga sementara itu karena kita membuat publikasi hanya karena menggugurkan kewajiban. Sama hanya pada HKI, HKI seharusnya setiap lima tahun sekali diperbarui, namun ternyata banyak yang setiap tahun gugur dalam pengajuannya. Ini membuktikan ketidak seriusan mengenai karya dan kontinuitasnya.

Hendaknya riset itu berdasarkan permasalahan yang diambil dari fakta. Peran riset disini harus sebagai solusi, tidak perlu berfikir rumit, zaman sekarang sudah banyak berbagai kajian permasalahan yang banyak ditemui diberbagai diakusi dan lembaga survey. Misalkan yang sedang hangat sekarang adalah SDG's dan G20. Cukuplah itu sebagai pedoman kita dalam menciptakan inovasi melalui riset. Tinggal kita pandai dalam mengambil peran dan kesempatan melalui berbagai celah. Misalnya, indonesia unggul dalam ketahanan pangan. Ini merupakan potensi yang dominan dari pada negara-negara lain, ini salahsatu sebagai bekal positif dalam melangkah.

Akhir literasi, semoga ini tidak hanya diskusi namun juga disusul realisasi-realisasi tahap demi tahap, tidak hanya dalam dunia informatika namun juga untuk semua disiplin keilmuan agar kualitas kita meningkat.


Narasumber 

1. Hariono Kasiman, S.T (Ketua Umum IAII)

2. Ir. Siswanto, M.M, M.Kom (Sekretaris Jendral IAII)

3. Dr. Eva Handriyantini, S.Kom, M.MT (Ketua Penasehat Wilayah IAII Jatim)

4. Dr. Tb. Mohammad AKhriza, S.Si.,M.MSI., Ph.D (Ketua Wilayah IAII Jatim)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gali Potensi Berkelanjutan Sektor Industri Kreatif, STIKI Malang Gelar Seminar Nasional Sisfotek 2022

Trending Now