Kenalkan Tanaman Sejak Dini, Mahasiswa KSM-T UNISMA Ngroto Sapa Anak TK

Admin JSN
15 Maret 2022 | 05.40 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Sebuah bangunan sekolah terletak di pinggir jalan  tanpa adanya ruang hijau tanaman. Meskipun ada beberapa bunga dalam lingkup RA Khodijah tetapi tidak ada tempat untuk sekedar menginjak tanah. Menjadi alasan mahasiswa mengenalkan tumbuhan untuk ditanam, Selasa 15/3/2022.

"Bagi kami kegiatan Sabtu 5 Maret lalu  sangat baik untuk mengasah kepedulian anak terhadap lingkungan.  Dengan pengetahuan anak terkait cara menanam. Bagi mereka itu hal yang menyenangkan. Semoga nanti bisa menjadi kebiasaan menanam yang baru buat anak dirumah,"cetus Reni salah satu mahasiswa.

Pengenalan cara bertanam pada anak-anak yang menarik dan membuat mereka penasaran. Antusias dari mereka tidak bisa diremehkan mulai dari memegang tanah, mulai memasukkan tanah ke dalam pot, sampai tahap penyiraman. 

Mahasiswa Unisma KSM-T Kelompok 11 tidak tanggung-tanggung dalam menerapkan program kerja di RA Khodijah Ngroto Pujon ini. Mereka sangat bersemangat dan antusias untuk membimbing anak-anak RA Khodijah tentang pengenalan cara bercocok tanam yang baik dan benar dibuktikan dengan memanfaatkan bahan bekas botol minum menjadi pot yang dilukis sedemikian rupa guna menarik anak anak dalam  menanam. 

Dukungan para guru RA yang sangat luar biasa untuk mewujudkan pelaksanaan tanam  menanam di RA Khodijah  demi menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap lingkungan.
Mahasiswa Unisma tanamkan sikap gotong royong dengan membentuk siswa siswi  menjadi 3 oanak di setiap kelompok dengan menerapkan sistem demokratis. 

Setiap anak dalam kelompok mendapatkan bagian-bagian sendiri, Seperti menanam, memberikan pupuk, dan menyiram, sehingga tercipta kelompok yang  kompak. 

Dengan lingkungan tempat tinggal yang mendukung, anak-anak  pasti bisa menerapkan pembelajaran ber-cocok tanam di rumah masing-masing. 
Dalam pembelajaran kemarin anak anak diajak menyanyi, melihat cuplikan tentang tata cara menanam dan penjelasan tentang bagian bagian tanaman juga praktek menanam secara langsung.

 Pembelajaran berlangsung seru dan menyenangkan meski hanya menanam tanaman cabe, anak anak tampak antusias dan bersemangat. 

Harapan mahasiswa unisma dari adanya pelaksanaan cara dan praktek bercocok tanam ini anak anak menjadi lebih peduli terhadap lingkungan terutama pada tanaman, selain itu juga pengetahuan tentang pentingnya merawat tanaman yang tidak boleh berlebihan dapat dipahami dan diterapkan dengan baik. 
Dari kegiatan diatas ternyata nampak beberapa anak memiliki jiwa-jiwa handal dalam bercocok tanam, sebagai bekal menjadi petani yang maju dan berkembang.
 
 Mahasiswa Unisma KSM 11 Ngroto - Pujon
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kenalkan Tanaman Sejak Dini, Mahasiswa KSM-T UNISMA Ngroto Sapa Anak TK

Trending Now