Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Kue Balok Tabur Keju yang Sederhana

Admin JSN
29 Januari 2022 | 14.05 WIB Last Updated 2022-01-29T07:05:12Z
EVENT I JATIMSATUNEWS.COM: Hai-hai para pembaca lainnya yang cakep-cakep serta keren. (yang jelas bukan kerentepan duren ya)
Aku datang lagi ingin bercerita betapa inginnya menikmati kue balok. 

Sudah pada tahu kan kue balok? Mendengar namanya saja dalam bayangan saya adalah kue berbentuk kotak, sedikit berat dan tidak empuk, ya hampir mirip-mirip kue keset yang seret di kerongkongan. Itu.

Pernah sekali menikmati kue balok tanpa toping alias original, eh ternyata mirip dengan brownies, 11-13 lah, dugaan saya bahannya bolu coklat.  

Beberapa hari lalu saya melihat story medsos teman yang punya usaha franchise menjual kue balok di Cikarang, duh jauhnya, andai dekat sudah saya datangi untuk mencicipi kue baloknya. 

Ternyata setelah melihat tampilan kue balok jualan teman saya mengakibatkan saya jadi kepingin. Dari rasa kepingin ini akhirnya saya berselancar di dunia maya, mencari informasi penjual kue balok yang dekat rumah, juga mencari resep kue balok.

Tampilan dari kue balok mungkin tidak akan menarik bila tidak disertai rasa kue yang legit dan toping yang memukau, bukan begitu pembaca? Mangkanya saya jadi kepingin sekali.

Langsung daya berburu resepnya.
Ada banyak resep yang ditampilkan di sana. Saya pun memilih resep yang sederhana. Bila kue baloknya ingin dibuat rasa pandan atau vanila sepertinya juga oke loh.

Saya memilih resep ini yang saya lihat di media sosial yang sudah saya modif ala saya.demi ikut event annyversary mbak Widz di Jatimsatunews.

Langsung ke resep sederhana dan mudah membuat kue balok


Kue Balok Tabur Keju

1 saset kental manis coklat
2 butir telur
5 sdm gula pasir
10 sdm minyak goreng
10 sdm agak munjung tepung terigu
1 sdt baking powder
Sedikit pewarna coklat, boleh pasta coklat 

Cara Membuatnya

1. Kocok telur, gula, dan garam dengan blender atau mixer, sebentar sampai larut memyatu. (Baru kali ini ngocok telur menggunakan blender)

2. Tuang kocokan telur dalam mangkok, tambahkan tepung, baking powder, dan kental manis

3. Aduk sampai menyatu rata, siapkan loyang,  olesi dengan minyak atau margarin. Karrna tidak punya cetakan bentuk balok atau kotak, maka saya gunakan cetakan bulat 😁, itu yang saya punya.

4. Tuang adonan dalam cetakan (harusnya cetakan bentuk balok atau kotak, karena tidak punya jadi saya cetak pada cetakan yang ada saja). Panaskan oven, lalu panggang sekitar 10 sampai 15 menit. 

5. Setelah dingin lepaskan dari cetakan, tata di atas piring dan beri toping parutan keju. Siap disajikan

Kepinginnya pas buat yang ada lumer-lumernya gitu, tapi sepertinya terlalu matang. Dan toping hanya ada keju, jadilah kue balok keju.

Minum teh di pagi hari atau sore ditemani kue balok pasti enyaaakkk.
Bisa juga buat oleh-oleh kalau mau silaturahmi.

Kue balok ini bukan jajanan kekinian loh, yang kekinian itu adalah memberi topingnya dan varian rasanya sehingga sesuai dengan selera orang jaman sekarang.

Sebenarnya dia sudah ada sejak tahun 1950 an, kue ini adalah jajanan orang Belanda. Kue berbentuk kotak dan padat ini dulu dibuat dengan cara tradisional dituang dalam cetakan yang dipanaskan dengan arang.

Sekarang bisa kita jumpai kue balok dengan aneka rasa biasanya coklat,vanila, dan green tea dengan toping yang cantik-cantik.

Catatan buat pembaca dan penyuka jajanan ini. Bila ingin membuat kue balok di rumah boleh dengan cetakan apa saja ya. Selamat mencoba

******
Hanya seorang emak yang suka membuat jajan untuk cemilan di rumah 
Nama : Aliz

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kue Balok Tabur Keju yang Sederhana

Trending Now