Gambar 2

Gambar 2

Tumbuhkan Literasi Siswa di Sekolah, Melalui Pemberdayaan Majalah Dinding (MADING) Jurnalistik MTs Modern Al-Rifa'ie

Eko Rudianto
30 September 2024 | 08.15 WIB Last Updated 2024-09-30T01:18:09Z


ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM : Madrasah Tsanawiyah (MTs) Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi-Malang melalui porgram kerja kesiswaan khususnya ekstrakulikuler jurnalistik, berupaya meningkatkan budaya membaca atau yang terkenal dengan kegiatan literasi, dengan mendayagunakan majalah dinding (mading) yang ada di Madrasah sebagai sarana dan pra sarana yang dapat memunculkan semangat literasi serta memunculkan bakat minatnya.

Budaya literasi atau membaca perlu ditumbuhkan seja dini, kita semua tak asing lagi dengan jargon 'membaca adalah jendela dunia', jargon tersebut dapat dipastikan kebenaran dan kevalidannya dengan melihat orang-orang hebat adalah yang gemar membaca dan memiliki wawasan luas. 

Untuk itu, ekstrakulikuler jurnalistik telah mengadakan galang tulisan bagi yang memiliki karya tulis bisa ditampilkan pada mading untuk dibaca seluruh siswa, hal itu juga sebagai motivasi untuk siswa yang lain untuk berlomba-lomba mengirimkan tulisannya. Selain itu, juga akan menumbuhkan sikap percaya diri dan bangga, karena tulisannya telah ditampilkan di mading dan dilihat oleh teman-temannya. 

Karya yang dikirimkan tak ada ketentuan khusus yang memberatkan, sebab tujuan utamanya adalah untuk menumbuhkan jiwa berani menulis. Kami percaya jika sudah berani menulis, kemampuan tulisannya akan bagus dengan sendirinya. Mulai dari aturan kepenulisan, EYD, tata bahasa dan lain sebagainya. 

Karya dapat berupa cerita pengalaman, cerita fiksi, karangan puisi, pantun, komik, karya desain grafis, lukisan, karya tulis ilmiah, opini, tajuk dan lain sebagainya yang berbentuk karya yang bisa dilihat dengan 2 dimensi. 

Sejauh ini, sudah dua kali penerbitan karya siswa MTs Modern Al-Rifa'ie, terlihat setiap ada pembaharuan karya pada Mading, para siswa melihat dan membaca dengan antusias. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap budaya literasi. Perlahan hal seperti ini akan ditingkatkan dalam rangka pembiasaan hal yang baik yang ada di madrasah, sehingga menjadi karakter yang melekat pada siswa meskipun sudah lulus dari pendidikan menengah pertama.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tumbuhkan Literasi Siswa di Sekolah, Melalui Pemberdayaan Majalah Dinding (MADING) Jurnalistik MTs Modern Al-Rifa'ie

Trending Now