Tim Abdimas Upn Veteran Jawa Timur Berikan Pelatihan Penguatan Akad dan Pencatatan Keuangan Pasca Konversi ke Syariah di KSPPS Ar-rohmah Jawa Timur

Admin JSN
05 September 2024 | 12.05 WIB Last Updated 2024-09-05T05:05:38Z
kegiatan pelatihan bagi SDM KSPPS Ar-Rohmah terkait penguatan akad dan pencatatan keuangan menggunakan prinsip-prinsip syariah

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Program pengabdian kepada masyarakat digelar oleh tim dari UPN “Veteran” Jawa Timur pada (17/8/2024) di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ar – Rohmah Jawa Timur. Dengan diketuai oleh Dr. Renny Oktafia, S.E.,M.E.I., beserta aggotanya yakni Fauzatul Laily Nisa, S.E.,M.E., Lailita Sukma Viguna, Ronna Riang Meianam, Kharisma Tri Buana Dewi, dan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan karyawan dari KPPS Ar-Rahmah berjalan dengan dengan penuh antusiasme. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upgrading bagi SDM KSPPS Ar-Rohmah dengan memberikan pelatihan pada penguatan akad dan pencatatan keuangan. Pasalnya, koperasi ini beralih dari konvensional menjadi Syariah pada tahun 2021, sehingga banyak materi yang perlu diterima oleh keryawan sehingga prinsip-prinsip Syariah dapat berjalan dengan baik. 

Sebelum pelatihan berlangsung, peserta diberikan lembaran soal pre-test yang terdiri dari 25 butir soal berkaitan dengan akad serta pencatatan keuangan. Pengerjaan pre-test bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta, kemudian dilanjutkan pemberian materi pelatihan oleh dua dosen yang sudah ahli dalam pembiayaan Syariah. 

Materi pertama disampaikan oleh Faizatul Laily terkait dengan akad jual beli yang terdiri dari murabahah, salam, dan istishna. Sedangkan Renny Oktavia memberikan materi akad bagi hasil, sewa, dan juga pencatatan keuangan. Tidak hanya memberi materi pelatihan, dua dosen tersebut juga melakukan diskusi dengan SDM KSPPS perihal produk- produk akad yang bisa dikembangkan, sehingga koperasi ini memiliki produk yang lebih variatif. 

Salah satu Account Officer KSPPS Ar-Rohmah mengatakan bahwa sejak konversi dari konvensional menjadi Syariah, koperasi mereka hanya menawarkan produk dengan akad mudharabah, karena akad ini dianggap lebih sederhana. Namun sisi negatifnya dengan produk pembiayaan hanya dengan satu akad menjadikan masyarakat kurang tertarik menjadi nasabah pada koperasi ini. 

Maka hal tersebut sejalan dengan tujuan diadakannya pelatihan ini, SDM Ar-Rohmah dapat berkonsultasi secara langsung terkait kendala yang dihadapi dan dosen yang bertugas sebagai narasumber memberikan solusi atas permasalahan tersebut.  

Program pengabdian kepda masyarakat ini sangat bermanfaat bagi SDM KSPPS Ar- Rohmah Jawa Timur untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan koperasi Syariah serta pencatatan akuntansi pada setiap transaksi yang berlangsung, sehingga kesejahteraan koperasi dapat lebih meningkat. 



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Abdimas Upn Veteran Jawa Timur Berikan Pelatihan Penguatan Akad dan Pencatatan Keuangan Pasca Konversi ke Syariah di KSPPS Ar-rohmah Jawa Timur

Trending Now