Polres Ngawi Gelar Gladi Lapang Sispamkota, Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Admin JSN
15 Agustus 2024 | 13.27 WIB Last Updated 2024-08-15T06:27:37Z


NGAWI | JATIMSATUNEWS.COM - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Polres Ngawi Polda Jatim telah menyiapkan sejumlah persiapan, salah satunya adalah simulasi atau gladi lapang Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota).

Sebelum pelaksanaan gladi lapang Sispamkota, diawali dengan apel gelar pasukan serta penandatanganan Deklarasi Pilkada Serentak Damai 2024 yang ditandatangani Bawaslu,  KPU dan masing-masing Parpol mengetahui Forkopimda Ngawi. Kegiatan diadakan di Lapangan Kepatihan Jl. Patiunus Ngawi, pada Kamis (15/8/2024).

Sebagai Pimpinan Apel Gelar Pasukan adalah Wakil Bupati Ngawi
DR. Dwi Rianto Jatmiko, M.H., M.Si, didampingi Kapolres Ngawi Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., dan Komandan Kodim 0805 Ngawi Letkol Arm Didik Kurniawan, S.I.P.

Selain itu hadir pula Kepala Instansi terkait, KPU, Bawaslu, Linmas, Bakesbangpol dan sejumlah Pimpinan Parpol yang mewakili serta elemen masyarakat Kab. Ngawi.

Dalam simulasi pengamanan Pilkada 2024 ini, menunjukkan saat situasi proses Pilkada berlangsung. 

Di mana petugas kepolisian bersama TNI dan stake holder terkait melakukan proses pengamanan gudang logistik KPU, lalu dilanjutkan tahap pengamanan tahap awal pemilihan kepala daerah, penghitungan surat suara sampai terjadi penolakan terkait hasil suara dari salah satu pasangan calon dan simpatisannya.

Diperagakan pula Polwan Polres Ngawi, sebagai tim negosiator yang berperan menenangkan para pengunjuk rasa yang sedang menyampaikan aspirasinya di depan kantor KPU. Pengunjuk rasa tidak puas, sehingga membuat kerusuhan, kemudian Dalmas Satuan Samapta dan satuan lain dari Polres Ngawi serta Sat Brimob Polda Jatim berupaya mengendalikan massa yang mulai anarkis.

Dengan strategi yang dilakukan aparat keamanan akhirnya massa dapat dikendalikan hingga bergerak mundur, sampai pagelaran Pilkada 2024 selesai dan situasi kembali kondusif.

Kapolres Ngawi  mengatakan kegiatan sistem pengamanan kota yang dilakukan Polres Ngawi ini, guna memastikan kesiapan dan pemahaman personel terkait pengamanan dalam mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

"Untuk kesiapan dalam pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak 2024 kita memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya proses demokrasi ini," ujar Dwi SR sapaan akrab Kapolres Ngawi.

Kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan diharapkan untuk tetap semangat, menjaga kebersamaan dan profesional dalam menjalankan tugas.

"Optimisme mewujudkan wilayah Ngawi yang aman dan kondusif, diharapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan berlangsung sukses, sehingga dapat terpilih Pimpinan Kepala Daerah yang menjadi harapan masyarakat Ngawi," sambung Kapolres Ngawi.

Karenanya lanjut AKBP Dwi S.R., melalui berbagai persiapan yang telah dilakukan, Polres Ngawi beserta stake holder terkait siap mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada serentak 2024. (Hmsresngw-d)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Ngawi Gelar Gladi Lapang Sispamkota, Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Trending Now