Penutupan KKN-T UPN Veteran Jawa Timur: Kelompok 6 Gelombang 2 Melakukan Penutupan KKN-T di Balai Desa Latsari

Admin JSN
21 Agustus 2024 | 20.14 WIB Last Updated 2024-08-21T13:14:10Z

 

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 6 Gelombang 2 berfoto bersama setelah penutupan resmi KKN-T di Balai Desa Latsari, Jombang, yang menandai berakhirnya program KKN selama dua minggu

LATSARI | JATIMSATUNEWS.COM - Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang diselenggarakan di Desa Latsari resmi ditutup ditandai dengan penyelenggaraan upacara penutupan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Agustus 2024 bertempat di balai desa Latsari yang diikuti oleh peserta program KKN, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Perangkat Desa Latsari. 

Penyelenggaraan upacara penutupan juga secara simbolis mengakhiri pelaksanaan KKN yang telah berlangsung selama kurang lebih 2 Minggu sejak tanggal 7 - 21 Agustus 2024. 

Kuliah Kerja nyata merupakan salah satu agenda yang wajib dilaksanakan oleh para Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai salah satu syarat menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi. 

Adapun penyelenggaraan KKN di UPN Veteran Jawa Timur diorganisir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPN “Veteran Jawa Timur yang dapat diakses melalui link berikut ini https://lppm.upnjatim.ac.id/

Selama pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Bela Negara, Kelompok 6 Jombang telah sukses melaksanakan beberapa program kerja, diantaranya Workshop Bio Briket untuk mewujudkan produksi dan konsumsi desa sadar lingkungan, Sosialisasi Pengelolaan Sampah Terpadu untuk mewujudkan desa tanggap perubahan iklim, Kegiatan Mahasiswa Mengajar di MI Walisongo Latsari dan KB Kemuning Tiga mengenai Budi pekerti dan akhlak untuk mewujudkan pendidikan desa yang berkualitas,  Sosialisasi Website Desa Latsari untuk menyebarluaskan informasi yang terkait dengan desa sebagai wujud kemitraan untuk pembangunan desa, hingga turut memeriahkan Pawai Desa Latsari sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke 79.

Upacara penutupan dibuka oleh sambutan -sambutan dari Kepala Desa Latsari dan perwakilan mahasiswa KKN. Dalam sambutannya, Bapak Muslikan selaku Kepala Desa Latsari menyampaikan terimakasih atas kontribusi yang diberikan oleh para mahasiswa KKN selama pelaksanaan program, telah membantu kegiatan di Desa Latsari, dan menjalin interaksi yang harmonis dengan masyarakat sekitar. 

Beliau berharap agar para mahasiswa KKN dapat mengambil pelajaran berharga selama berada di Desa Latsari sehingga dapat menjadi bekal untuk melanjutkan perjalanan hidup guna mencapai kesuksesan dan tujuan yang diinginkan di masa depan.

Upacara Penutupan KKN Tematik Bela Negara di Balai Desa Latsari sebagai simbol Berakhirnya kegiatan KKN Tematik Bela Negara Tahun 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perbaikan, perkembangan, dan keberlanjutan pembangunan di Desa Latsari. 

Penyelenggaraan KKN Tematik Bela Negara  sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat oleh civitas akademika perguruan tinggi diharapkan dapat mempererat hubungan antara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dengan Desa Latsari sehingga dapat membentuk sinergi yang solid dalam membangun desa untuk mencapai SDGs Desa di masa depan.

Penulis : Ikhsan Danu Nugroho

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penutupan KKN-T UPN Veteran Jawa Timur: Kelompok 6 Gelombang 2 Melakukan Penutupan KKN-T di Balai Desa Latsari

Trending Now