Menumbuhkan Kreativitas Gen Alpha Melalui Kreasi Origami dan Asah Tempel Kreativitas di PAUD Pelangi Bersama Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 1 Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya

Admin JSN
07 Agustus 2024 | 00.07 WIB Last Updated 2024-08-06T17:08:27Z

 

Mahasiswa KKNT Bela Negara UPNVJT Kelompok 1 mendampingi siswa PAUD Pelangi dalam kegiatan berkreasi origami dan asah tempel kreativitas, sebagai bagian dari implementasi SDGs Pendidikan Bermutu

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam upaya mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terutama pada poin Pendidikan Bermutu (Quality Education), Kelompok 1 KKNT Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNVJT) merealisasikan program kerja "Berkreasi Origami dan Asah Tempel Kreativitas" di PAUD Pelangi RW 03, Kelurahan Semolowaru. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak Gen Alpha. (03/08/2024)

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari 31 Juli hingga 1 Agustus 2024, dan melibatkan sepuluh mahasiswa, yaitu Sulthanul Auliya Jagad, Dea Annisa, Talita Karisma Syaharani, Habsiah Ramadhani Putri, Bilqist Nabila Zahra, Wisanggeni Wahyu Lintang Bayu S, Muchamad Rizqy Kurniawan, Dwi Ayu Saraswati, Rafi Nurimansyah, dan Chiara Fuadiyatul Athifah, dengan Dosen Pendamping Lapangan, Dr. Gyska Indah Harya, S.P., M.Agr.

Pada 31 Juli 2024, kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dengan bermain bersama siswa PAUD Pelangi, dilanjutkan dengan berdoa dan makan bersama. 

Program kerja "Berkreasi Origami" diawali dengan penjelasan mengenai origami oleh mahasiswa KKNT, dilanjutkan dengan pendampingan dalam membuat bentuk-bentuk sederhana dari kertas origami berwarna cerah seperti kuning, merah, dan jingga.

Hasil kreasi ditempel di kertas HVS dan diberi batang serta daun. Setiap karya diberi nama, dan sesi dokumentasi dilakukan untuk mengamati perkembangan siswa serta dipublikasikan di media sosial Instagram (kkn1.sby2024) dan TikTok (kkn1.surabaya2024).

Pada 1 Agustus 2024, kegiatan dimulai dengan senam bersama yang diinstrukturi oleh mahasiswa KKNT Bela Negara. Kegiatan dilanjutkan dengan "Asah Tempel Kreativitas", di mana siswa menggunakan tas dan stiker untuk berkreasi. 

Mahasiswa KKNT memberikan penjelasan dan mendampingi proses tempel. Pendampingan ekstra diperlukan mengingat target adalah siswa PAUD yang lebih aktif dan belum memiliki fokus yang baik. 

Program ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan, bertujuan untuk membangun semangat belajar.

Dr. Gyska Indah Harya, S.P., M.Agr., selaku Dosen Pembimbing Lapangan, memberikan bimbingan dan persetujuan atas program ini. Program kerja ini tidak hanya menumbuhkan kreativitas, tetapi juga melatih fokus siswa, sebagai dasar penting dalam pembelajaran. 

Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi KKNT Bela Negara oleh mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 1 di Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menumbuhkan Kreativitas Gen Alpha Melalui Kreasi Origami dan Asah Tempel Kreativitas di PAUD Pelangi Bersama Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 1 Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya

Trending Now