Mahasiswa KKNT Kelompok 5 UPNV Jatim Sosialisasi Pengolahan Sampah Jadi Sabun

Admin JSN
01 Agustus 2024 | 16.58 WIB Last Updated 2024-08-01T10:03:10Z

Mahasiswa KKN, Ibu-Ibu PKK, beserta masyarakat Kelurahan Gebang Putih dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan SAEZTU

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Gelombang I Kelompok 5 tahun 2024 mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan SAEZTU (Sabun Eco-enzyme Tepat Unggul). Acara ini diikuti oleh Ibu-Ibu anggota PKK dan masyarakat di Kelurahan Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, pada Rabu (31/7/2024). Program ini mengusung tema “Optimalisasi Sumber Daya Untuk Keberlanjutan Lingkungan Kelurahan Gebang Putih Melalui Pemanfaatan Limbah dan Ruang Sempit”.

Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 5 Gelombang 1 UPN “Veteran” Jawa Timur memfokuskan sosialisasi pada pengolahan limbah organik untuk mengatasi masalah lingkungan dengan membuat produk sabun dari eco-enzyme. Eco-enzyme adalah hasil fermentasi limbah sayur dan buah dengan penambahan gula merah, gula aren, atau molase sebagai sumber makanan mikroorganisme. “Eco-enzyme mengandung asam yang mampu membunuh kuman sehingga bisa digunakan sebagai pembersih, bahkan sebagai desinfektan ketika dicairkan,” jelas pemateri.

Materi pembuatan SAEZTU disampaikan oleh mahasiswa dari kelompok KKN-T Bela Negara tersebut. Kegiatan ini mendapat antusiasme tinggi dari Ibu-Ibu PKK yang hadir, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan saran yang mereka ajukan. 

“Produk ini sangat inovatif dan bernilai guna tinggi. Namun, alangkah baiknya jika pada pemaparan ini sekaligus disampaikan bagaimana perhitungan penetapan nilai jual produknya, sehingga kami bisa dengan mudah memperkirakan pelaksanaannya,” ujar Bu Mufidah Husnaini, Ketua PKK.

Selain memberikan materi, mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 5 Gelombang 1 UPN “Veteran” Jawa Timur juga melakukan praktek langsung. Praktek pembuatan eco-enzyme dilakukan oleh perwakilan peserta dengan pendampingan dari pemateri.

Rivaldo, Ketua Kelompok, berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Kelurahan Gebang Putih, terutama bagi UMKM. Ia juga berharap agar Ibu-Ibu PKK yang hadir dapat memanfaatkan peluang bisnis ini sehingga bisa meningkatkan kemampuan ekonominya.

Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Gebang Putih semakin sadar akan pentingnya pengolahan sampah organik serta mampu mengubahnya menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT Kelompok 5 UPNV Jatim Sosialisasi Pengolahan Sampah Jadi Sabun

Trending Now