Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur Berpartisipasi dalam Pendampingan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di RW 03 Kelurahan Dukuh Sutorejo Surabaya

Admin JSN
03 Agustus 2024 | 00.07 WIB Last Updated 2024-08-02T17:09:42Z

 


Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur bersama ibu-ibu kader PKK saat kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat di RW 03 Kelurahan Dukuh Sutorejo Surabaya

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur sukses mengikuti pelaksanaan kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dengan tujuan meningkatkan kualitas pengasuhan anak dan mengurangi risiko stunting di Surabaya. 

Kegiatan ini melibatkan pelatihan dan penyuluhan bagi ibu-ibu kader PKK, dengan fokus pada manajemen stres dan pengasuhan anak.

Kegiatan SOTH ini digagas oleh BKKBN bersama ibu-ibu kader PKK untuk keberhasilan penyuluhan di Tingkat RW di Dusun Sutorejo, Surabaya. Program ini meliputi berbagai aktivitas seperti pelatihan keterampilan, penyuluhan kesehatan, serta edukasi mengenai cara orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak agar berkembang secara optimal.

Ibu Lastri, narasumber pada kegiatan SOTH, mengangkat tema pengenalan alat reproduksi pada anak usia dini dan perlindungan terhadap anak. 

"Sebagai orang tua, wajib memperkenalkan alat reproduksi sejak dini saat anak mengerti tentang kelamin yang mereka punya serta memperkenalkan organ intim sesuai dengan nama medis," jelasnya. 

Ia juga menyoroti bahwa pengetahuan seks edukasi pada anak usia dini masih tabu dan minim di Indonesia, dan berharap dengan bantuan orang tua, pemahaman ini dapat diberikan langsung kepada anak.


Kegiatan SOTH melibatkan orang tua dan anak dalam pelatihan satu hari setiap hari Sabtu dengan tema yang berbeda. Panduan dan kunjungan langsung dari ibu Lurah juga disertakan. 

Perwakilan mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur melakukan pendampingan selama pelaksanaan berlangsung. Ibu-ibu kader SOTH sangat menyambut kehadiran mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur, yang sangat membantu proses kegiatan.

Ibu Lastri menambahkan, "Dengan adanya kegiatan SOTH, dapat mengajarkan strategi untuk mengatasi tantangan sehari-hari dalam mengasuh anak, termasuk masalah disiplin dan perilaku. Membantu orang tua menjadi lebih percaya diri dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan pendidikan dan pengasuhan anak."

Melihat kegiatan SOTH yang diterima dengan baik oleh warga Kelurahan Dusun Sutorejo Surabaya, anggota KKNT dari kelompok 08 gelombang 1 berharap bahwa kegiatan positif ini dapat terus berlanjut dan terlaksana seterusnya untuk mencegah stunting dan pernikahan dini di wilayah ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur Berpartisipasi dalam Pendampingan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di RW 03 Kelurahan Dukuh Sutorejo Surabaya

Trending Now