Galakkan Semangat Membaca Melalui Sosialisasi Literasi di SDN Semolowaru IV Surabaya oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur

Admin JSN
07 Agustus 2024 | 00.58 WIB Last Updated 2024-08-06T17:58:28Z

 

Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur bersama siswa SDN Semolowaru IV Surabaya dalam kegiatan sosialisasi literasi "Yuk Membaca" yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan rasa percaya diri siswa

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa kelompok 1 KKNT Bela Negara Gelombang 1 UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan kegiatan sosialisasi literasi bertema "Yuk Membaca" di SDN Semolowaru IV Surabaya. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 25 - 26 Juli 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 4A dan 4B.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan sepuluh mahasiswa yaitu Sulthanul Auliya Jagad, Dea Annisa, Talita Karisma Syaharani, Habsiah Ramadhani Putri, Bilqist Nabila Zahra, Wisanggeni Wahyu Lintang Bayu S, Muchamad Rizqy Kurniawan, Dwi Ayu Saraswati, Rafi Nurimansyah, dan Chiara Fuadiyatul Athifah.

Saat ini, banyak anak SD lebih tertarik bermain gadget daripada membaca buku. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Kelompok 1 mengadakan kegiatan sosialisasi literasi di SDN Semolowaru IV dengan harapan dapat menumbuhkan kebiasaan membaca setidaknya tiga halaman buku setiap hari. Acara sosialisasi ini dirancang agar semenarik dan seinteraktif mungkin untuk memberikan kesan positif kepada para siswa.

Pada tanggal 25 Juli 2024, sosialisasi dimulai dengan pemberian materi tentang pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa memberikan pemahaman tentang manfaat membaca dan tips untuk membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan. 

Ice breaking berupa permainan menggambar secara bergantian dilakukan untuk menjaga semangat dan antusiasme siswa. Para siswa dibentuk menjadi tiga kelompok dan diberikan kertas untuk menggambar secara bergantian. Setelah permainan, semua kelompok mendapatkan hadiah untuk menjaga motivasi mereka.

Keesokan harinya, pada tanggal 26 Juli 2024, siswa kelas 4 diberikan waktu 30 menit untuk membaca buku yang mereka bawa dari rumah. Setelah membaca, mereka diminta untuk menceritakan isi buku tersebut di depan teman-temannya. 

Mahasiswa KKN mendampingi dan membantu siswa yang belum lancar membaca. Meskipun beberapa siswa terlihat malu, mereka berusaha untuk maju dan menceritakan isi buku mereka dengan antusias.

Dr. Gyska Indah Harya, SP., M.Agr, dosen pembimbing lapangan, menyatakan harapannya bahwa program kerja bidang pendidikan ini dapat meningkatkan minat dan semangat membaca siswa kelas 4 di SDN Semolowaru IV. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berbicara di depan kelas.

Penulis: Kelompok 1 KKN-T Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Galakkan Semangat Membaca Melalui Sosialisasi Literasi di SDN Semolowaru IV Surabaya oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur

Trending Now