Cegah Pelecehan Dini : Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jatim Beri Edukasi Seksual untuk Anak SD

Admin JSN
25 Agustus 2024 | 15.47 WIB Last Updated 2024-08-25T09:32:26Z


 Foto Bersama Siswa Kelas 3 SDN Sarirogo. Kegiatan Edukasi Mengenai Pelecehan Seksual di SDN Sarirogo, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. 

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan diri dari tindakan pelecehan seksual, sekelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur 

mengadakan kegiatan edukasi seksual di SDN Sarirogo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa SD tentang pentingnya menjaga diri dari tindakan yang tidak pantas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Agustus 2024 dan diikuti oleh siswa kelas 3 SD. Dalam edukasi tersebut, mahasiswa KKN-T memperkenalkan konsep "Area Pribadi" dan mengajarkan anak-anak untuk mengenali dan melindungi bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain tanpa izin. Selain itu, mahasiswa KKN-T juga mengajarkan cara-cara sederhana untuk mengatakan "Tidak" dan melaporkan jika ada yang mencoba melakukan tindakan pelecehan.


Antusiasme siswa terlihat ketika beberapa di antara mereka dengan berani berbagi pengalaman tentang bagaimana mereka melindungi diri dari sentuhan yang tidak pantas. Para siswa ini menceritakan berbagai macam kejadian yang dimana mereka berhasil mengatakan "Tidak" dan mencari bantuan dari orang dewasa yang dipercaya. Keberanian mereka dalam berbagi cerita menjadi inspirasi bagi teman-teman lainnya, memperkuat pemahaman bersama tentang pentingnya menjaga batasan pribadi.


"Semoga materi yang kami berikan dapat memberi wawasan baru bagi anak-anak agar kedepannya mereka dapat menjaga diri mereka sendiri" ujar Ketua KKN-T Kelompok 4 Gelombang 2, Sven Inggil.


Dari pembelajaran materi ini banyak respon positif datang dari para guru dan orang tua. Kepala Sekolah SDN Sarirogo, Ibu Wahyuni, S.Pd., M.Pd, menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa KKN-T yang telah mengambil inisiatif untuk mengadakan kegiatan ini. "Kegiatan seperti ini sangat penting supaya anak-anak lebih waspada terhadap bahaya interaksi secara berlebihan antar lawan jenis dan diharapkan setiap anak - anak bisa menghargai dirinya sendiri," tuturnya.

Melalui edukasi ini, mahasiswa KKN-T berharap agar anak-anak bisa lebih berani untuk berbicara dan melaporkan jika ada yang tidak beres, serta dapat menjaga diri dari tindakan pelecehan seksual yang mungkin terjadi di sekitar mereka. Sarirogo, Sidoarjo (14/8/24).



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Pelecehan Dini : Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jatim Beri Edukasi Seksual untuk Anak SD

Trending Now