Begini Antusias Warga Mengikuti Lomba K3 Desa Semampir Sidoarjo Dalam Rangka HUT RI ke-79

22 Agustus 2024 | 20.01 WIB Last Updated 2024-08-22T13:34:49Z


SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM — Momen perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia selalu disemarakkan dengan beragam kegiatan menarik. Salah satu yang dinantikan adalah adanya perlombaan- perlombaan.

Seperti di desa Semampir, Kecamatan Sedati Sidoarjo, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 Tahun 2024, pemerintah desa Semampir kembali menggelar lomba K3 (Kebersihan, Keindahan, ketertiban) yang diikuti seluruh RT yang ada di desa tersebut.

Tahapannya memasuki penilaian yang dilakukan pada, Kamis ( 22/8/2024) pagi tadi. Nampak setiap RT penuh semangat menyambut kedatangan tim juri dengan menunjukkan kreativitasnya masing-masing dan menjelaskan progam- progam yang ada dilingkungannya.

Di RT 01 RW 01 misalnya, rombongan tim juri disambut Ibu PKK RT setempat dengan yel-yel. Mereka juga menyuguhkan produk-produk UMKM seperti minuman dan jajanan khas.

Lanjut di RT 05 RW 03, untuk menyambut kedatangan tim juri, warga menampilkan ondel-ondel khas Betawi. Disini tak jauh beda dengan RT lain, juga banyak hasil olahan dari warga RT setempat 

Kemudian di RT 06 RW 03, kedatangan tim juri disambut dengan penampilan warga sebagai edukasi peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di RT ini banyak terdapat tanaman obat keluarga (Toga).

Dody, salah satu tim Juri menjelaskan bahwa  kriteria untuk penilaian dalam lomba ini diantaranya dari segi kebersihannya, keindahannya dan tingkat kerapiannya. Selain itu juga partisipasi dan swadaya masyarakatnya.

Nantinya dalam lomba ini akan ada pemenang untuk juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2 dan 3,”kata dia.

Secara umum, lanjut Dody, dari masing- masing RT itu semaraknya ada peningkatan. Semoga tahun- tahun kedepan lebih ada keseragaman, komunikasi untuk meningkatkan akses kerja baktinya, karena ada beberapa yang harus ditingkatkan.

Sementara itu Kepala Desa Semampir, Luqman Mualim menyampaikan bahwa lomba ini bukan sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan bentuk partisipasi warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan desa. 

"Alhamdulillah, dalam lomba ini semua RT yang ada didesa Semampir sambutannya sangat luar biasa, termasuk kebersihannya,“ungkapnya.

Melalui lomba ini, Abah Luqman biasa ia disapa berharap, warga semakin peduli terhadap lingkungan sekitarnya, sebab menurutnya hal itu juga sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Begini Antusias Warga Mengikuti Lomba K3 Desa Semampir Sidoarjo Dalam Rangka HUT RI ke-79

Trending Now