Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong sebagai Pupuk Organik Cair (PORSI) oleh Kelompok 4 UPN “Veteran” Jawa Timur

Admin JSN
03 Juli 2024 | 19.27 WIB Last Updated 2024-07-03T12:27:34Z

 

Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN Veteran Jawa Timur 2024 memberikan sosialisasi mengenai pemanfaatan limbah kulit singkong menjadi pupuk organik cair (PORSI) kepada para petani di Dusun Semen, Desa Musir Kidul, Nganjuk

NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM - Dusun Semen Desa Musir Kidul Kabupaten Nganjuk, 25 Juni 2024 – Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN Veteran Jawa Timur 2024 mengadakan sosialisasi mengenai “PORSI” atau singkatan dari Pupuk Oganik Cair Kulit Singkong. Limbah kulit singkong yang melimpah di daerah tersebut dapat diolah menjadi “PORSI” dengan cara difermentasikan secara aneorob (tanpa oksigen) dan tanpa bantuan matahari sebagai pupuk organik ramah lingkungan dan pengaplikasiannya pada media tanam.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap banyaknya limbah kulit singkong yang dihasilkan oleh usaha dusun setempat yaitu tape yang menggunakan singkong sebagai salah satu produk olahannya. Limbah kulit singkong biasanya dibuang begitu saja, namun dengan cara pengolahan menjadi pupuk kompos, limbah tersebut dapat diolah menjadi bahan yang bermanfaat bagi lingkungan.

Sosialisaisi ini dihadiri oleh 15 anggota kelompok tani yakni Pak Wo sebagai Kamituwo (Perangkat Desa Musir Kidul bagian Humas), dan Pokni (Kelompok Tani). Pembuatan pupuk kompos dari limbah kulit singkong dapat menjadi solusi dari permasalahan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah tersebut.

Dalam kegiatan ini, peserta diarahkan untuk memahami cara-cara pembuatan pupuk kompos yang benar, mulai dari bahan yang dibutuhkan hingga step-step pengolahan. Selain demonstrasi, acara ini juga menghadirkan sesi tanya jawab di mana para petani bisa berkonsultasi langsung dengan para ahli tentang teknik pembuatan dan penggunaan pupuk organik cair. Selain itu, peserta juga mendapatkan PORSI untuk percobaan pengaplikasian pada media tanam.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan alternatif pengolahan limbah kulit singkong menjadi pupuk organik cair dan aplikasinya pada media tanam. Dengan demikian, inisiatif dari para mahasiswa KKNT MBKM UPN “VETERAN” JAWA TIMUR, diharapkan Dusun Semen dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan limbah organik menjadi produk yang bermanfaat bagi pertanian dan lingkungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong sebagai Pupuk Organik Cair (PORSI) oleh Kelompok 4 UPN “Veteran” Jawa Timur

Trending Now