Pembuatan Nomor Induk berusaha (NIB) dan Website oleh Kelompok 5 KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur Kepada Pelaku UMKM di Desa Klagen.

Admin JSN
02 Juli 2024 | 12.21 WIB Last Updated 2024-07-02T05:21:57Z
Kelompok 5 KKNT MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur menyerahkan sertifikat NIB kepada pelaku UMKM di Desa Klagen, membantu meningkatkan visibilitas dan kompetisi usaha di era digital

KLAGEN | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka peningkatan kapasitas kompetisi dan visibilitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital, Kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM) UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan penyuluhan dan dukungan, termasuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), Google Maps, dan website untuk UMKM di Desa Klagen.

Melalui program ini, kami berharap dapat membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka ke tingkat selanjutnya. Pelatihan diawali dengan penjelasan pentingnya NIB bagi para pelaku UMKM. NIB adalah identitas usaha yang diterbitkan oleh Online Single Submission (OSS) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.

Tim KKNT melakukan pendaftaran NIB untuk dua pelaku UMKM, yaitu "UMKM Peyek Nizam" dan "UMKM D’Food Mama 2nd". Sebelum melakukan pendaftaran, mahasiswa melakukan pendataan terlebih dahulu dan mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran.

Ketika NIB sudah terbit, mahasiswa menyerahkan NIB kepada pelaku UMKM dan menjelaskan manfaatnya. Manfaat NIB antara lain sebagai tanda pengenal usaha dan penggantian Tanda Daftar Berusaha. Setelah pembahasan tentang NIB, pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan dan praktek membuat akun Google serta menempatkan lokasi usaha di Google Maps.

Melalui program ini, diharapkan UMKM di Desa Klagen dapat meningkatkan daya saing, memperluas jangkauan pasar, dan pada akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembuatan Nomor Induk berusaha (NIB) dan Website oleh Kelompok 5 KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur Kepada Pelaku UMKM di Desa Klagen.

Trending Now