Bimtek Pelatihan Budidaya Ikan Dalam EmberTingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Budidaya Ikan pada Warga Desa Jatipasar

Admin JSN
31 Juli 2024 | 18.56 WIB Last Updated 2024-07-31T11:56:37Z

Pelatihan budidaya ikan dalam ember kepada anggota PKK Desa Jatipasar

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Penyuluh perikanan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada anggota PKK Desa Jatipasar pada hari Kamis (25/7/2024) di Balai Desa Jatipasar. Kegiatan ini diikuti oleh 80 anggota PKK dan 30 mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 7 Gelombang 1 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Program ini merupakan bagian dari upaya ketahanan pangan perikanan Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Purnomo Heri Susilo, narasumber dalam kegiatan Bimtek ini, menjelaskan konsep BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember). "BUDIKDAMBER adalah sistem pemeliharaan dengan menebar ikan dan sayuran dalam satu wadah pemeliharaan secara bersama-sama. Ini adalah penerapan budidaya di lahan yang sempit dengan memanfaatkan ember, sebagai bentuk penyederhanaan dari akuaponik," ujar Purnomo. Selain itu, ia juga menjelaskan prosedur budidaya, jenis wadah yang digunakan, persiapan air, pemilihan benih lele yang baik, aklimatisasi benih, manajemen kualitas air, persiapan dan pemberian pakan, grading, pencegahan hama dan penyakit, pemberian probiotik, hingga strategi pasar.

Dalam kegiatan tersebut, Purnomo juga mempraktikkan cara persiapan media air dengan menambahkan EM4 sebagai probiotik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan lahan pekarangan, menyediakan alternatif tambahan penghasilan bagi keluarga, mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta meningkatkan keterampilan warga Desa Jatipasar dalam budidaya ikan yang dikombinasikan dengan kegiatan pertanian.

Mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini merasakan antusiasme dan semangat warga Desa Jatipasar dalam mengembangkan program ini. Masyarakat sangat terbuka dan aktif mengambil bagian dalam setiap kegiatan Bimtek, berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kondisi lokal yang mempengaruhi keberhasilan budidaya ikan. Bimtek ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat lokal, serta mendukung ekonomi lokal dan keberlanjutan lingkungan.

Program budidaya ikan dalam ember di Desa Jatipasar memberikan manfaat ekonomi dan gizi, sekaligus memperkuat ketahanan pangan perikanan secara keseluruhan. Harapan ke depan adalah agar program ini terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan desa. Upaya ini diharapkan tidak hanya mendukung ketahanan pangan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk memanfaatkan potensi lokal dalam menghadapi tantangan pangan di era yang semakin dinamis ini.

Penulis: Novi Karisma Eka Putri - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Anggota Kelompok 7 KKNT Bela Negara Gelombang I Tahun 2024. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bimtek Pelatihan Budidaya Ikan Dalam EmberTingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Budidaya Ikan pada Warga Desa Jatipasar

Trending Now