Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas Kunjungi Kesbangpol Kabupaten Pasuruan sebagai Pembina Ormas Terbaik, FPK Beri Buku

Anis Hidayatie
06 Juni 2024 | 06.47 WIB Last Updated 2024-06-06T00:29:18Z
Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas Kunjungi Kesbangpol Kabupaten Pasuruan sebagai Pembina Ormas Terbaik, FPK Beri Buku 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:  Jajaran Kesbangpol, Kesatuan Bangsa dan Politik dan FKMB, Forum Kemasyarakatan Musi Rawas Bersatu Kabupaten Musi Rawas Muara Beliti Sumatera Selatan berkunjung ke kantor Kesbangpol Kabupaten Pasuruan, Rabu 5 Juni 2024. 

 Disambut hangat oleh Kaban, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pasuruan Edi Supriyanto rombongan Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas dipimpin staf ahli Bupati Amran Muslimin, mendapatkan pemaparan tentang Kesbangpol Kabupaten Pasuruan terutama pembinaan terhadap ormas.

 " Kabupaten Pasuruan memiliki 163 0rmas yang tercatat di bidang Poldagri. Semuanya kita rangkul dengan memberikan dana hibah pemerintah. Terbesar NU karena memiliki banyak Banom. Dulu per Banom sekarang langsung ke PCNU. Untuk ormas yang lain besarannya bervariasi tergantung pengajuan proposal dan persetujuan bupati," ucap Kaban Edy didampingi sekretaris Kesbangpol Fauzan. 

 Pemaparan bukan hanya tentang pembinaan dan pembagian dana hibah ke ormas lewat bidang Poldagri pimpinan Kabid Ponco namun juga dipaparkan keunggulan yang dimiliki Kabupaten Pasuruan. Antara lain adanya kecamatan Bhineka Tunggal Ika Tosari, kampung Pancasila dan icon buah unggulan seperti Mangga Alpukat yang hanya ada di Pasuruan. 

 Staf Ahli Amran Muslimin mendengar penjelasan dengan seksama, terjadi dialog, saling mengenalkan jajaran hingga tanya jawab. Ujung pertemuan adalah acara tukar cinderamata, bukan hanya vandel dari Kesbangpol, tetapi juga diberikan cinderamata istimewa dari FPK Kabupaten Pasuruan, lembaga mitra Kesbangpol, salah satu lembaga plat merah yang pembiayaannya mendapatkan hibah untuk kegiatan bersama masyarakat.

 FPK memberikan buku Jejak Satu Tahun Forum Pembauran Kebangsaan di Kabupaten Pasuruan juga sebuah mug berlogo FPK. Gus Bayhaqi Kadmi, ketua FPK Kabupaten Pasuruan menyatakan kebahagiaannya bisa berjumpa saudara sebangsa dari Musi Rawas. 

 Sebuah pantun diciptakan Gus Bay, khusus menyambut kedatangan rombongan Kesbangpol dari Musi Rawas, mencairkan suasana.

 " Musik kondang, Dangdut Lawas, Selamat Datang saudara dari Musi Rawas," ucap Gus Bay.

 " FPK Kabupaten Pasuruan Baur Bangsa Kamis berbeda kami Indonesia, FPK anggotanya antar etnis, antar suku yang ada di Indonesia dan tinggal di Pasuruan. Kami mengupayakan bagaimana menciptakan kegembiraan yang menciptakan kebahagiaan," lanjut Gus Bay seraya memberikan buku pada staf ahli Bupati Amran.

 Mendampingi Gus Bay nampak di antara kursi undangan pengurus FPK Bli Ketut, Ikhyak dan Anis. Juga Ketua FKUB, pengurus PD Muhammadiyah dan pengurus PC NU. Foto bersama mengakhiri kunjungan, dilanjutkan agenda berkunjung ke kantor sekretariat Forum Pembauran Kebangsaan di Jalur Panglima Sudirman kota Pasuruan.Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas Kunjungi Kesbangpol Kabupaten Pasuruan sebagai Pembina Ormas Terbaik, FPK Beri Buku

Trending Now