Imbang : Ngebis vs Jalan

Admin JSN
05 Juni 2024 | 21.51 WIB Last Updated 2024-06-05T14:51:51Z


MAKKAH | JATIMSATUNEWS.COM:
"Naik bus saja, Pak! Jauh kalau lewat sini. Tapi kalau lewat depan masjid, samping kanan Hotel Tower Zamzam agak dekat", jawab petugas haji RI di area parkir.

Suatu malam, kebetulan saya pergi ke Harom sendirian. Pulangnya rencana mencoba jalan kaki dari Harom ke Hotel. Yakni di wilayah Misfalah 1 hotel Safwat Al-Hijaz no 910. Informasinya jalan kaki lebih cepat dan jalanan agak turun. 

Setelah jalan kaki dari masjid ke tempat parkir, di tempat parkir saya mencoba bertanya kepada petugas haji. Ternyata jawabannya adalah pernyataan diatas, agak jauh. Akhirnya jalan kaki saya batalkan. 

Pagi ini saya pergi ke Harom sendirian. Akhirnya saya mencoba untuk mencari jalur lewat Geogle Map. Titik lokasi dalam masjid di dekat pintu 90 menuju arah hotel tersebut. Tercantum jarak 2,4 KM dengan durasi waktu jalan 39 menit. Lokasi masuk jalan ke jalur adalah WC 8.

Usai jama'ah shalat Shubuh, lalu saya ikuti petunjuk geogle map tersebut. Setelah keluar masjid saya lansung menuju jalan antara WC 4 dan WC 8. Dan ternyata, luar biasa. Jama'ah yang jalan kaki di jalur tersebut padat juga. Jalanan lebar, agak turun dan tidak ada kendaraan lalu lalang. Perjalanan sangat lancar dan sampai di hotel hanya 37 menit. 

Ternyata perjalanan dari hotel hampir imbang antara naik bis dengan jalan kaki. Kalau naik bis, perjalanan dari hotel ke terminal antara 20 - 30 menit. Kalau bis lancar, langsung jalan, tidak ada macet, perjalanan sekitar 20 - 25 menit. Kalau kurang lancar sekitar 25 sampai 35 menit. Apalagi jika sampai antri panjang di terminal, bisa 30 - 40 menit. 

Setelah itu jalan kaki dari terminal ke masjid sekitar 15 - 20 menit. Jadi antara naik bis dan jalan kaki dari hotel Safwat Al-Hijaz hampir imbang. Yakni kisaran 40 menit. Semoga bisa menjadi referensi bagi jama'ah yang lain di wilayah Misfalah 1.

Refan Purba
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Imbang : Ngebis vs Jalan

Trending Now