Mahasiswa PLS UM Ikut Andil Berikan Metode Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Media Gambar dan Warna pada Peserta Didik TPQ Ainul Yaqin Pakisaji

Eko Rudianto
17 Desember 2023 | 14.36 WIB Last Updated 2023-12-17T07:37:00Z

 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Sekumpulan mahasiswa PLS UM mengadakan suatu program yang berkaitan dengan simulasi pembelajaran pada hari Rabu, 15 November 2023 yang melibatkan peserta didik jilid dua TPQ Ainul Yaqin yang berada di Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Program pembelajaran yang dilaksanakan berupa pengenalan huruf hijaiyah menggunakan media gambar dan warna dengan tujuan untuk membantu menstimulasi kemampuan motorik peserta didik.

Materi yang disampaikan kepada peserta didik TPQ Ainul Yaqin menggunakan metode At-Tartil, yang mana anggota kelompok Mahasiswa PLS UM berperan sebagai pemateri. Penggunaan media dan sarana pembelajaran menggunakan alat yang sederhana, yaitu papan tulis, meja, karpet, alat peraga berupa kertas dengan huruf hijaiyah, Al-Qur’an, spidol, penghapus, kertas print dengan huruf hijaiyah, dan pensil warna.

Selama proses pembelajaran dilakukan selama 60 menit. Awal pembelajaran diawali dengan salam, pembuka, dan perkenalan anggota kelompok dan peserta didik TPQ Ainul Yaqin secara 15 menit, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah selama 25 menit, setelah pengenalan huruf hijaiyah, para peserta didik melakukan mewarna huruf hijaiyah selama 15 menit dan mereview apa yang telah mereka pelajari terkait dengan pengumpulan huruf, penggunaan warna, dan kemampuan membaca huruf hijaiyah dalam kisaran waktu 5 menit.

Dengan adanya program simulasi pembelajaran ini, diharapkan tidak hanya sekedar untuk memenuhi tugas mata kuliah saja melainkan dapat membantu peserta didik untuk dengan mudah mengingat dan memahami huruf hijaiyah serta diharapkan pula dapat menjadi referensi pembelajaran yang dapat diterapkan di TPQ Ainul Yaqin kedepannya.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Simulasi Pembelajaran Dr. Endang Sri Redjeki, M.S.

Penulis:

Kelompok 4

1. Lutfi Alfattah

2. Rinda Pertiwi Mukti 3. Nofta Armelia S.A 4. Nabila Priska Widuri 5. Khaycal Antonio

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa PLS UM Ikut Andil Berikan Metode Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Media Gambar dan Warna pada Peserta Didik TPQ Ainul Yaqin Pakisaji

Trending Now