KKN-Non Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 2 Manfaatkan Pelepah Pisang untuk Keripik TAROBOG’S Pohon pisang memiliki banyak manfaat

Admin JSN
18 Desember 2023 | 10.40 WIB Last Updated 2023-12-18T03:41:04Z

 


KKN-Non Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 2 Manfaatkan Pelepah Pisang untuk Keripik TAROBOG’S

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Pohon pisang memiliki banyak manfaat mulai dari buah hingga pelepahnya. Buah pisang merupakan buah yang sangat bergizi, yang memiliki sumber vitamin, mineral, dan juga karbohidrat. Tanaman pisang sangat mudah ditemukan dan hampir di setiap lingkungan desa. Limbah pelepah pohon pisang dianggap sebagai bahan yang terbuang ketimbang dimanfaatkan sebagai bahan material yang bernilai ekonomis yang tinggi. Padahal limbah pelepah pohon pisang ini merupakan bahan yang mudah ditemui di masyarakat atau desa-desa, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk memanfaatkan limbah pelepah pisang ini sebagai keripik pelepah pisang. 


Mahasiswa KKN-Non Tematik MBKM Kelompok 2 UPN “Veteran” Jawa Timur periode 28 Oktober-10 Desember 2023 melakukan pembuatan keripik pelepah pisang di desa Munggugebang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Keripik pelepah pisang merupakan pelepah pisang yang diolah menjadi makanan ringan yang kaya akan manfaat salah satunya dapat mengatasi diabetes. Selain dapat mengatasi diabetes pelepah pisang kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Keripik ini kami beri nama Tarobog’s merupakan makanan olahan yang berasal dari pelepah atau gedebog pisang. Tarobog’s memanfaatkan pelepah pisang yang jarang digunakan sehingga memiliki manfaat lebih dan nilai jual ekonomis.


Berikut bahan dan cara membuat Keripik Pelepah Pisang (Tarobog’s). 

Alat : 

1. Kompor

2. Wajan

3. Spatula 

4. Baskom

5. Sendok sayur

6. Pisau 

Bahan : 

1. Pelepah pisang 

2. Tepung beras

3. Tepung terigu

4. Penyedap rasa

5. Garam 

6. Minyak

7. Bubuk lada hitam 

8. Bumbu tabur (sesuai selera)

Cara pembuatan : 

a. Tahap Persiapan

1. Potong pelepah pisang memanjang hingga menjadi bagian kecil-kecil dengan panjang ± 5 cm 

2. Ambil bagian dalam serat dengan mengirisnya tipis (usahakan tidak terlalu tebal)

b. Tahap Produksi 

1. Serat gedebog yang telah diiris dicuci sebanyak 5 kali dan direndam dengan air garam selama 15 menit

2. Setelah itu balurkan pelepah pisang ke adonan tepung, jangan terlalu tebal

3. Lalu goreng hingga berwarna kekuningan dengan api kecil

4. Setelah itu, tiriskan hingga tidak ada minyak yang menempel

5. Tarobog’s siap disantap dengan bumbu tabur kesukaan Anda


Sosialisasi dilakukan mahasiswa KKN-Non Tematik MBKM Kelompok 2 UPN “Veteran” Jawa Timur bersama ibu-ibu masyarakat desa Munggugebang. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 13 November 2023, kegiatan ini dihadiri oleh 80 ibu-ibu PKK masyarakat desa Munggugebang. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan mempresentasikan manfaat dan cara mengolah pelepah pisang selanjutnya dilakukan kegiatan demonstrasi cara membuat Keripik Pelepah Pisang (Tarobog’s). Antusiasme masyarakat sangat tinggi dibuktikan banyak pertanyaan yang dilontarkan pada sesi diskusi yang dilakukan setelah kegiatan sosialisasi. Bahkan, beberapa peserta kegiatan sosialisasi ingin mencoba mempraktikkan sendiri pembuatan kripik pelepah pisang (Tarobog’s) untuk anak-anak mereka ketika sampai dirumah. “Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya juga mudah”, ujar ibu Wati, selaku salah satu peserta sosialisasi. 


Sebagian masyarakat luas hanya memakan buahnya saja atau memanfaatkan daunnya, oleh karena itu dari kegiatan ini kami berharap masyarakat desa Munggugebang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik dapat mengoptimalkan pemanfaatan pelepah pisang yang selama ini terabaikan karena tidak memiliki harga jual dan dapat mempraktekkannya di rumah. Dengan ini kami berharap keripik pelepah pisang dijadikan pilihan untuk konsumsi masyarakat setempat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KKN-Non Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 2 Manfaatkan Pelepah Pisang untuk Keripik TAROBOG’S Pohon pisang memiliki banyak manfaat

Trending Now