TRCC UM Turut Serta Mop Up Bersama TAHURA, TNI-Polri, POLHUT Pada KARHUTLA G. Arjuna 2023

Eko Rudianto
09 September 2023 | 04.26 WIB Last Updated 2023-09-08T21:26:42Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM : Tim Reaksi Cepat Cakrawala Universitas Negeri Malang (TRCC UM) turut ikut serta dalam upaya penanganan bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Gunung Arjuna 2023. Pada selasa, 5 september 2023 sebanyak 4 orang perwakilan TRCC UM menuju posko KARHUTLA Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan untuk melakukan kaji cepat kebutuhan mendesak dan assessement bidang, ditemui bahwa relawan sudah tercukupi dan open recruitmen relawan di tutup. 

Pada awalnya TRCC UM akan mengerahkan relawan sesuai dengan kebutuhan, namun ternyata relawan telah ditutup akhirnya, hanya 2 orang TRCC UM yang ikut bersama TAHURA, TNI dan Polri, POLHUT, serta Relawan Lokal. Pada kamis, 7 september 2023 rombongan berangkat menuju gunung Ringgit untuk melakukan mop up, sebelumnya telah digelar apel persiapan di Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Prigen Pasuruan guna mempersiapkan logistik dan pembagian tugas serta arahan dari TAHURA, TNI dan Polri. Kegiatan diawali menuju Pos Pemantauan KARHUTLA yang ada di Dayu Rejo yakni pos pantau Curah Tangil untuk memantau rute penyebaran api serta rute rombongan. 

Tepat pukul 8.45 WIB rombongan melakukan perjalanan menuju lereng gunung ringgit untuk melakukan pemadaman dengan cara membuat sekat bakar, pemadaman manual menggunakan ranting, moo up, water bombing, serta mengadu api dari arah berlawanan. 

Pada setelah 1,5 jam perjalanan akhirnya rombongan sampai di titik kebakaran kemudian seketika melakukan pemadaman sesuai yang telah dirancang diawal. Setelah dua jam melakukan pemadaman yang diikuti kurang lebih 70 personil dan didapati api sudah relatif kecil maka rombongan perlahan meninggalkan lokasi, sementara beberapa masih ditempat untuk melakukan pematauan. 

Tak hanya berhenti sampai disitu proses upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan, setelah rombongan turun akan disusul rombongan berikutnya yang akan standby yang terdiri dari relawan lokal atau masyarakat setempat, teknik itu terus dilakukan dengan silih berganti. 

Terdapat banyak hal yang dapat dikaji setelah pasca bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) dalam Kajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITUPASNA) yang perlu dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat Cakrawala (TRCC UM), misalnya reboisasi secara masih terintegrasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pengabdian dosen, mahasiswa/ tendik, dan lain-lain. Semoga bencana ini segera berakhir serta dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua untuk sadar dalam mitigasi bencana, berupa pengurangan risiko bencana.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TRCC UM Turut Serta Mop Up Bersama TAHURA, TNI-Polri, POLHUT Pada KARHUTLA G. Arjuna 2023

Trending Now