Lomba Balap Dayung Walikota Pasuruan Cup, Nelayan Hingga Atlet Bersaing Di Pantai Panggungrejo

19 Agustus 2023 | 20.30 WIB Last Updated 2023-08-19T13:31:11Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:

Pasuruan, 19 Agustus 2023 - Kota Pasuruan merayakan HUT Republik Indonesia ke-78 dengan semangat juang yang tinggi. Festival Dayung Walikota Cup ke-7 menghiasi pesisir pantai Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan pada hari Sabtu (19/8/2023). Lomba balap dayung ini tidak hanya menjadi ajang peringatan kemerdekaan yang meriah, tetapi juga mengundang perhatian para wisatawan.

Tradisi lomba balap dayung ini menyedot perhatian warga sekitar, bahkan para nelayan pesisir Pasuruan dengan sukarela libur melaut demi meramaikan perlombaan dayung agustusan ini. Perlombaan dimulai pukul 10.00 WIB dengan 27 tim dayung dari berbagai kalangan, mulai dari nelayan hingga atlet di Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan, saling bersaing menjadi yang tercepat di lintasan.

Menggunakan perahu nelayan kecil, setiap tim terdiri dari lima peserta yang harus mendayung sejauh 300 meter bolak-balik. Di tengah laut, mereka harus mengelilingi tonggak kayu berbendera merah-putih sebelum kembali ke garis finish. Kegembiraan tim Baruklinting, yang terdiri dari atlet-atlet dayung yang tergabung dalam Persatuan Olahraga DAYUNG Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Pasuruan, memuncak saat berhasil menang di sesi pertama.

"Senang tadi menang, bisa dapat uang," ujar Slamet Mardianto, salah satu peserta dari tim Baruklinting. Tim ini merupakan salah satu yang akan mewakili Pasuruan di ajang Porprov tahun 2023 yang akan digelar di Mojokerto.

Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo, menyatakan bahwa Festival Dayung Walikota Cup akan menjadi agenda tahunan yang terus digelar karena mampu menarik banyak wisatawan. "Hari ini kita lihat lomba dayung ini jadi sebuah hiburan rakyat. Dan bisa kita pasarkan jadi salah satu potensi wisata kita," ujar Adi.

Dalam visinya, Adi berharap lomba balap dayung ini dapat digelar dengan lebih profesional agar tidak hanya menjadi hiburan semata, melainkan juga mampu mencetak atlet olahraga berprestasi di bidang dayung. 

"Ini mengangkat tradisi warga dan juga kalau bisa lebih profesional kita tentu bisa mengdongkrak dari sisi olahraganya," tuturnya menutup wawancara dengan JatimSatuNews.

Sementara itu Camat Panggungrejo yang ikut hadir menyaksikan lomba menyatakan kebahagiaan karena dengan adanya lomba UMKM turut bergeliat. 

"Alhamdulillah masyarakat pelaku umkm terimbas positif, semoga UMKM Panggungrejo makin dikenal, dan ada transaksi berkelanjutan usai gelaran lomba dayung ini," cetus Camat Herman.(ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lomba Balap Dayung Walikota Pasuruan Cup, Nelayan Hingga Atlet Bersaing Di Pantai Panggungrejo

Trending Now